Ketika Kereta Api di Solo Berhenti Gara-gara Mobil Parkir di Rel

Solo Perjalanan Kereta Api (KA) Batara Kresna beberapa waktu yang lalu harus terhenti garagara ada mobil yang parkir di atas rel. Ternyata berhentinya KA karena mobil parkir sembarangan sering terjadi.

“Seringkali tindakan parkir sembarangan itu dilakukan oleh orang dari luar Kota Solo. Karena rel berada di dekat pertokoan, lalu mereka parkir di sana. Dikira tidak ada kereta yang lewat,” ujar Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6, Eko Budiyanto saat dihubungi detikcom, Rabu (13/9/2017).

Berhentinya KA Batara Kresna garagara mobil parkir sembarangan menjadi perbincangan hangat di media sosial. Namun Eko mengaku belum mengetahui kapan dan di mana tepatnya peristiwa itu terjadi. Namun menurutnya hal itu sering terjadi.

Dalam video tersebut, tampak mobil yang diparkir berpelat nomor B atau berasal dari Jakarta. Mobil berwarna putih itu pun dikerumuni warga hingga petugas KAI dan kepolisian.

Dalam situasi seperti itu, biasanya masyarakat sekitar membantu memindahkan mobil. Pihaknya mengapresiasi tindakan warga yang peduli terhadap kelancaran arus KA.

“Kami berterima kasih kepada warga sekitar, sopir becak, pedagang yang sering membantu KAI. Bahkan pernah mereka mengangkat mobil agar kereta bisa jalan,” ujarnya.

Namun KAI tetap mewantiwanti agar seluruh masyarakat patuh terhadap ramburambu yang ada, baik larangan parkir maupun lampu lalu lintas. Sebab, rel di sepanjang Jalan Slamet Riyadi tidak dilengkapi palang pintu.

“Kalau ada kendaraan yang menyerempet atau menabrak kereta, kami akan menuntut untuk memberi ganti rugi,” tutupnya.