Kemarau, Jumlah Kebakaran Agustus-September 126 Kejadian

Surabaya Memasuki kemarau panjang, kebakaran mulai marak terjadi di lahanlahan kosong Kota Surabaya. Mulai JanuariSeptember 2017, lahan kosong yang terbakar mencapai 126 kejadian. Ratarata per hari terjadi kebakaran lahan kosong di 2 titik.

Sementara sepanjang tahun 2016, total kebakaran alangalang terjadi sebanyak 40 kejadian.

“Angka ini meningkat dari sebelumnya karena kemarau tahun ini yang lebih panjang,” ujar Sukarno, Kepala Seksi Pencegahan bidang Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya saat ditemui di kantornya di Jalan Pasar Turi, Selasa (5/9/2017).

Sukarno menambahkan ada hubungan peningkatan kebakaran lahan kosong saat musim kemarau panjang yang terjadi. “Alangalang makin cepat kering, lalu pelepahnya merunduk menyebabkan tumpukan jerami semakin banyak. Dengan kondisi angin yang juga kencang, jika ada pemicu kebakaran seperti puntung rokok, api akan mudah menyebar karena tumpukan jerami merupakan media yang mudah terbakar,” imbuhnya.

Selain itu, beberapa faktor penyebab lainnya adalah sampah rumah tangga yang dibuang di sekitar lahan kosong. “Sampah seperti kaca, jika dibuang di lahan kosong bisa memantulkan cahaya matahari ke jerami dan menimbulkan api,” ujarnya.

Di Surabaya sendiri, beberapa peristiwa kebakaran disebabkan oleh sampah seperti tumpukan ban, sampah popok, kardus dan media seperti kaca.

Meski begitu kebakaran ilalang tahun ini tidak ada korban jiwa. Sebab petugas PMK langsung melakukan pemadaman. “Tim kami langsung menangani dengan cepat,” ujarnya.

Dia menuturkan pihak PMK bersama instansi terkait telah melakukan penyuluhan terkait pencegahan dan penanganan jika terjadi kebakaran kecil.

“Sudah disosialisasikan, namun kami mengharapkan peran serta masyarakat. Khusunya untuk melakukan pembersihan lahan kosong. Entah dengan kerja bakti, atau sang pemilik lahan sendiri yang membersihkan lahannya,” pungkasnya.