Kebakaran di Rumah Sakit Malaysia, 1000 Orang Dievakuasi

Sekitar 1.000 orang dievakuasi dari Rumah Sakit Sibu, Malaysia dikarenakan kebakaran yang terjadi di rumah sakit itu. Mereka yang dievakuasi dari 18 bangsal di RS tersebut termasuk pasien, staf dan pengunjung.

Kebakaran itu terjadi pada Sabtu pukul 08.15 waktu setempat di bangsal medis pria. Kebakaran disebabkan karena gangguan blower sistem pendingin udara di area toilet bangsal tersebut.

“Kami memperkirakan sekitar 1.000 orang terdampak akibat kebakaran. Mereka harus diamankan dari 18 bangsal demi alasan keamanan dan dikumpulkan di tiga tempat di lingkungan rumah sakit,” kata Wan Kamaruddin Ahmad, pejabat RS tersebut seperti dilansir media Malaysia, The Star, Sabtu (19/11/2017).

Sebanyak 19 petugas pemadam kebakaran dalam dua mobil pemadam dikerahkan ke lokasi setelah menerima laporan kebakaran pada pukul 08.19 waktu setempat. Mereka berhasil memadamkan kobaran api dalam waktu beberapa menit.

Direktur RS Sibu, Dr Ngiam Hie Ung mengatakan, semua pasien yang dievakuasi dari bangsal mereka masingmasing telah dikembalikan ke ruangan mereka pada sekitar pukul 11.00 waktu setempat, kecuali para pasien di bangsal medis pria.

“Pasienpasien ini ditempatkan di bangsalbangsal lain sementara para petugas pemeliharaan kami memperbaiki bagian sistem pendingin udara yang bermasalah,” katanya.

Tak ada korban luka dalam insiden ini. RS Sibu merupakan rumah sakit terbesar kedua di negara bagian Sarawak.