Kata Mahasiswa dan Dosen UP soal Etika Kirim Pesan

Universitas Pancasila menerapkan etika mahasiswa menghubungi dosen lewat pesan singkat. Aturan ini pun telah diketahui sebagian mahasiswa Universitas Pancasila (UP)

“Iya pernah lihat tapi lupa kapan, mungkin tahun lalu. Saya lihat waktu melintas di Fakultas Psikologi,” kata mahasiswi Fakultas Komunikasi (Fikom), Shofia Mardiyah, saat ditemui detikcom di Universitas Pancasila, Jakarta Selatan, Senin (12/2/2018).

Shofia mengaku selama ini sudah menggunakan bahasa formal saat mengirim pesan ke dosen. Dia juga tidak memakai bahasa gaul atau alay, seperti yang dilarang oleh UP.

“Kalau bahasanya gaul kan nggak sopan nantinya,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu dosen Universitas Pancasila bernama Riza Dharmaputra mengatakan, selama mengajar, dia tidak pernah mendapatkan surat resmi soal tata cara mahasiswa menghubungi dosen. Akan tetapi beberapa dosen telah mengimbau hal itu secara langsung saat proses mengajar kepada mahasiswa.

“Aturan resmi saya tidak pernah tahu atau mungkin aturannya sudah ada sebelum saya masuk mengajar di sini,” ucapnya.

“Yang penting sopan santun dan norma kesopanan tetap dijaga. Bagaimana model komunikasinya kan juga tergantung masing-masing dosen. Tetapi secara umum mahasiswa sopan kok di sini,” sambung Riza.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *