Kapal Tanker Hilang, Angkut 22 Kru India dan 13.500 Ton Minyak

Sebuah kapal tanker dengan 22 kru asal India dilaporkan hilang di perairan Teluk Guinea, Afrika. Kapal tersebut mengangkut 13.500 ton minyak senilai US$ 8,1 juta.

Menurut perusahaan pengelola kapal, Anglo-Eastern yang berbasis di Hong Kong, kapal tanker Marine Express tersebut telah hilang kontak di Benin sejak Jumat, 2 Februari waktu setempat. Sebelum hilang kontak, kapal tersebut terakhir kali terlihat di perairan Benin pada Jumat (2/2) pukul 03.30 waktu setempat.

Penyebab putusnya komunikasi tidak diketahui. Upaya pencarian masih terus dilakukan saat ini, dengan bantuan otoritas Nigeria dan Benin.

“Kami menyesalkan hilangnya komunikasi dengan kapal tersebut,” kata juru bicara Anglo Eastern seperti dikutip kantor berita Reuters, Senin (5/2/2018).

Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj menyatakan lewat cuitan di Twitter bahwa 22 warga India ada di atas kapal tanker yang hilang tersebut.

Menurut para pakar, wilayah Teluk Guinea makin sering menjadi target para pembajak laut yang mencuri kargo dan menuntut uang tebusan.

Menurut laporan Biro Mairitim Internasiona (IMB) pada Januari lalu, kapal-kapal di wilayah tersebut kerap menjadi target insiden terkait pembajakan maritim. Dilaporkan IMB, tercatat ada 10 insiden penculikan yang melibatkan 65 kru di perairan Nigeria dan sekitarnya. Secara global, 16 kapal ditembaki penyerang, yang tujuh kapal di antaranya berada di Teluk Guinea.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *