Kapal Penangkap Ikan Jepang Tenggelam, Beruntung 3 Nelayan Indonesia Selamat

Sebuah kapal penangkap ikan Jepang, Kohomaru kemarin (22/6/2017) pagi sekitar jam 5:05 waktu Jepang tenggelam dihantam ombak tinggi dan angin kencang di laut dekat Amami Oshima perfektur KagoshimaJepang.

Tiga nelayan Indonesia di dalamnya beserta kapal tenggelam, namun terselamatkan.

“Kemarin pagi (22/6/2017) sebuah kapal penangkap ikan Jepang dengan 3 nelayan Indonesia di dalamnya tenggelam namun nelayan Indonesianya terselamatkan dan tak terluka, langsung dibawa ke rumah sakit terdekat di perfektur kagoshima,” ungkap seorang penjaga pantai laut Jepang khusus kepada Tribunnews.com Jumat ini (23/6/2017).

Kapal nelayan ikan itu terdiri dari enam orang, tiga WNI dan tiga orang warga Jepang.

Kapal dari koperasi perikanan Kawanami di perfektur Miyazaki itu dengan berat 14 ton menurut satuan tugas ke-10 penjaga pantai jepang itu, tak kuasa menghadapi angin kencang dan ombak tinggi di sekitar 130 kilometer sebelah barat Amami Oshima.

“Kapal Kohomaru dan barang-barang di dalamnya berputar bergejolak dan anak buah kapal hilang,” laporan radio perikanan yang masuk ke patroli penjaga pantai saat kejadian melaporkan kapal yang kecelakaan tersebut yang terdengar ke kota Nichinan.

Setelah kapal miring dan terbalik serta tenggelam, tak lama kemudian kapal patroli penjaga pantai Jepang datang ikut mencari para awak yang jatuhg ke laut. Setelah 30 menit ditemukan dan diselamatkan patroli tersebut.

Kekuatan angin mencapai sedikitnya 10 meter per detik cukup kencang saat itu.

Meskipun demikian tim penyelidik kasus kecelakaan tersebut masih terus melakukan pengusutan penyebab kecelakaan tersebut hingga kini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *