KAI Siap Luncurkan KA Wijaya Kusuma Relasi Cilacap-Yogyakarta-Solo

Purwokerto PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan meluncurkan KA Wijaya Kusuma relasi CilacapYogyakartaSolo pada 26 September 2017. Peluncuran KA Wijaya Kusuma juga dalam rangka menyambut HUT ke72 PT KAI.

“PT KAI memantapkan bisnisnya dengan meluncurkan satu buah Kereta Api kelas Ekonomi Premium baru relasi CilacapYogyakarta Solo yang diberi nama KA Wijaya Kusuma,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko dalam rilisnya, Rabu (20/9/2017).

Menurut dia, pemilihan nama KA Wijaya Kusuma dianggap sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Cilacap. Selain itu pemilihan nama tersebut diharapkan menambah keakraban bagi warga cilacap dan sekitarnya menggunakan Kereta Api sebagai transportasi utama untuk bepergian.

“Peluncuran perdana perjalanan KA Wijaya Kusuma akan dilaksanakan pada Selasa, 26 September 2017, di Stasiun Cilacap pukul 14.10 WIB. Perjalanan perdana KA Wijaya Kusuma dijadwalkan akan berhenti di stasiun Maos, Kroya, Tambak, Gombong, Kebumen, Prembun, Kutoarjo, Wates dan Yogyakarta,” ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk jadwal perjalanan setiap harinya, KA 10590 Wijayakusuma relasi CilacapYogyakarta akan berhenti di Stasiun Maos, Kroya, Tambak, Gombong, Kebumen, Prembun, Kutoarjo, serta Wates, dengan waktu keberangkatan dari stasiun Cilacap pada pukul 05.00 WIB dan tiba di Stasiun Yogyakarta pukul 08.20 WIB.

Selanjutnya, KA 10331 relasi YogyakartaCilacap akan berhenti di stasiun Wates, Kutoarjo, Kebumen, Karanganyar, Gombong, Tambak, Sumpiuh, Kemranjen, Kroya, serta Maos, dengan waktu keberangkatan dari Stasiun Yogyakarta pada pukul 09.30 WIB dan tiba di Stasiun Cilacap pukul 13.30 WIB.

Sedangkan KA 10592 relasi CilacapSolo dengan stasiun pemberhentian Maos, Kroya, Sumpiuh, Tambak, Karanganyar, Sruweng, Soka, Kebumen, Prembun, Butuh, Kutoarjo, Yogyakarta, Lempuyangan, Klaten, serta Purwosari, akan diberangkatkan dari Stasiun Cilacap pada pukul 14.10 WIB dan tiba di Stasiun Solobalapan pukul 19.13 WIB.

KA 10557 Wijayakusuma relasi SoloCilacap dengan stasiun pemberhentian Klaten, Lempuyangan, Yogyakarta, Kutoarjo, Kebumen, Karanganyar, Gombong, Tambak, Sumpiuh, Kroya, Sikampuh, serta Maos, akan diberangkatkan dari Stasiun Solobalapan pada pukul 19.45 WIB dan tiba di Stasiun Cilacap pukul 01.00 WIB.

“Terhitung mulai tanggal 26 September 2017 hingga 26 Desember 2017 KA Wijaya Kusuma akan mendapat tarif promo,” ucapnya.

Untuk tarif Cilacap menuju Yogyakarta/Lempuyangan, lanjut dia akan dibanderol dengan harga Rp 50 ribu. Sedangkan keberangkatan Cilacap menuju Solo dipasang tarif Rp 70 ribu. Selain itu ada pula tarif spesial untuk rute jarak dekat.

“Untuk naik KA Wijaya Kusuma keberangkatan Kutoarjo menuju Yogyakarta atau Lempuyangan (PP) dipasang tarif Rp 25 ribu rupiah. Keberangkatan Kroya menuju Cilacap (PP) Rp 20 ribu rupiah, sedangkan Yogyakarta menuju Solo (PP) Rp 40 ribu rupiah,” jelasnya.

Reservasi tiket tersebut sudah dapat dilayani mulai tanggal 1930 September 2017, dan dapat dipesan melalui loket stasiun online, aplikasi KAI Access maupun kanal resmi yang bekerjasama dengan PT KAI.

“Dengan rilis resmi tersebut, kami berharap bisa menjawab terkait berita yang sifatnya simpang siur di kalangan masyarakat beberapa hari yang lalu,” ucapnya.