Jumlah Kunjungan Wisatawan di DIY Tahun 2017 Belum Capai Target

Jumlah kunjungan wisatawan di DIY hingga saat ini belum mencapai target tahun 2017. Kunjungan wisatawan ke DIY tahun 2017 untuk wisatawan nusantara 4,9 juta dan wisatawan mancanegara 385.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta mengatakan hitungan hingga November baru tecapai 90%. Target diharapkan dapat terpenuhi pada libur akhir tahun Desember 2017 ini. Karena menurut Aris banyak orang pada bulan ini melakukan perjalanan untuk liburan ke Yogyakarta.

“Jumlah wisatawan di 2017 ini belum tercapai targetnya. Harapanya tercover di Desember ini,” kata Aris Riyanta di DPRD DIY, Jalan Malioboro, Yogyakarta, Rabu (20/12/2017).

Aris optimis kunjungan wisatawan di DIY akan meningkat pada tahun 2018. Pada tahun 2018 mendatang kunjungan wisatawan di DIY ditargetkan meningkat 10-15%.

Peningkatan ini akan terjadi, kata Aris karena infrastruktur yang mendukung kunjungan wisatawan sudah semakin bagus. Salah satunya Bandara Adisutjipto Yogyakarta yang sudah menambah jam operasionalnya sampai dengan pukul 24.00 WIB. Tambahan rute penerbangan dan extra flight ini akan menambah frekuensi penerbangan yang menuju Yogya atau yang keluar Yogya.

“Transportasi darat kereta api dan bus juga sangat mudah diakses. Kemudian homestay-homestay di desa wisata banyak dan bagus dan sudah disinggahi wisatawan. Ini jadi optimisme kami di 2018,”kata Aris.

Lebih lanjut, Arif mengatakan berdasarkan penelitian yang dilakukan tahun 2015, uang yang beredar di DIY dari kunjungan wisatawan mancanegara mencapai Rp 3 triliun. Angka ini terdiri dari wisatawan domestik dari luar DIY mencapai Rp 7,3 triliun dan domestik lokal Rp 600 miliar. Penelitian tersebut akan kemnbali dilakukan pada 2019 mendatang.

Sementara itu, 10 besar tujuan wisata di DIY tahun 2015-2016 menduduki posisi teratas adalah pantai Parangtritis Bantul, Candi Prambanan, kawasan Pantai Baron-Pantai Pok Tunggal, Kebun Binatang Gembiraloka, Taman Pintar, Kaliurang, Kraton Yogyakarta, Taman Sari, Museum Beteng Vredeburg, dan Pagelaran Kraton. Wisatawan asing yang berkunjung ke Yogyakarta jumlah terbanyak adalah wisawatan dari Belanda, kemudian Malaysia, Jepang, Aemerika Serikat, Singapura, Prancis, Jerman, Australia, China dan Korea Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *