Jokowi Mantu, Tingkat Hunian Hotel di Solo Naik Hingga 70%

Pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution berdampak positif terhadap kondisi perekonomian di Kota Solo, Jawa Tengah. Dunia usaha di Kota Solo mendapatkan untung dari hajatan besar tersebut.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Solo, Sri Haryanto, menjelaskan dengan digelarnya pernikahan putri orang nomor 1 Indonesia ini, perekonomian di Solo ikut menggeliat.

“Lumayan menggeliat, Pak Jokowi mantu, perekonomian di Solo luar biasa nambahnya. Berkah buat warga Solo,” ujar pria yang biasa disapa Gareng itu kepada detikFinace, Jakarta, Rabu (8/11/2017).

Gareng menjelaskan, berbagai sektor usaha di Kota Solo merasakan dampak yang cukup tinggi dari hajatan tersebut. Mulai dari hotel, hingga wisata kuliner mengalami peningkatan.

“Kulinernya tambah bagus, hotel penuh semua, pesawat penuh, kereta api penuh. Penyewaan naik. Hotel biasa okupansinya 50%, sekarang jadi 70%, kuliner naik jadi 40P%” kata Gareng.

Ia menambahkan, hal itu terjadi lantaran tamutamu pernikahan banyak berdatangan dari luar Solo.

“Itu dari luar Solo, kan undangannya hampir seluruh Indonesia. Pejabatpejabat juga pada datang. Relawan juga banyak datang. Intinya ini berkah untuk rakyat Solo,” pungkas Gareng.