Jokowi: Kepercayaan Rakyat Adalah Jiwa Sekaligus Energi

Jakarta Presiden Joko Widodo memaparkan sejumlah pencapaian selama 3 tahun memerintah. Meski begitu, Jokowi menilai tantangan yang dihadapi ke depan tidaklah mudah.

Menurut Jokowi, dari beragam tantangan berat yang dihadapi, yang terberat adalah mendapat kepercayaan dari rakyat. Ia pun menyebut kepercayaan rakyat adalah jiwa sekaligus energi.

“Tantangan paling penting dan seharusnya menjadi prioritas bersama dari semua lembaga negara adalah mendapat kepercayaan yang tinggi dari rakyat. Kepercayaan rakyat adalah jiwa sekaligus energi bagi lembagalembaga negara dalam menjalankan tugas dan fungsinya masingmasing,” kata Jokowi dalam pidatonya di Sidang Tahunan MPR di gedung DPR Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2017).
“Saya mengajak kita semua, seluruh lembaga negara untuk menjadikan rakyat sebagai poros jiwa kita. Saya mengajak kita semua untuk selalu mendengar amanat penderitaan rakyat. Saya mengajak kita semua untuk bergandengan tangan, bekerja sama, kerja bersama untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” jelasnya.

Jokowi berharap setiap pencapaian selama ini tidak membuat cepat puas diri. Tantangan tak hanya soal ekonomi, tapi juga soal ekstremisme, radikalisme, dan terorisme.

“Kita masih dihadapkan dengan ketidakpastian ekonomi global, dan kita juga masih dihadapkan dengan gerakan ekstremisme, radikalisme, dan terorisme,” tutur Jokowi.
Sebelumnya, Jokowi juga menyampaikan bagaimana Indonesia akan menghadapi samudra globalisasi, arus tantangan yang tak ringan.

“Ke depan, bangsa kita menghadapi tantangan yang tidak ringan. Kita akan mengarungi samudra globalisasi. Kita akan berhadapan dengan dinamika perubahan yang sangat cepat,” urai Jokowi.