Jokowi Jamu Paskibraka dan Pendukung Acara HUT Ke-72 RI di Istana

Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan anggota Paskibraka dan pendukung HUT ke72 RI di Istana Negara, Jakarta. Jokowi menjamu mereka untuk makan bersama sambil berbincang santai.

Acara itu digelar di ruang utama Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (18/8/2017). Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) turut hadir dalam kegiatan ini.

Suasana berlangsung santai dan cair. (Ray Jordan/detikcom)
Menteri Sekretaris Negara Pratikno, yang juga ketua panitia HUT ke72 RI, di Istana Kepresidenan menyampaikan rasa terima kasih kepada para pendukung acara yang berlangsung di Istana Kepresidenan.

“Kami atas nama panitia menyampaikan terima kasih yang sebesarbesarnya atas dukungan Bapak dan Ibu sekalian, sehingga puncak acara kemarin alhamdulillah berjalan dengan baik,” kata Pratikno.
Pratikno mengatakan undangan yang hadir dalam acara ini adalah para anggota Paskibraka Nasional. Mereka berjumlah 105 orang.

“Adikadik ini datang dari seluruh pelosok Indonesia dan merupakan putraputri yang terpilih dengan seleksi ketat,” kata Pratikno.

Selain Paskibraka, Jokowi mengundang para teladan nasional dari berbagai kementerian. Ada 143 orang yang hadir.

“Ada para kepala desa dan lurah terpilih. Dari Kementerian Lingkungan Hidup ada 7 orang terpilih, dari Kementerian Pertanian ada 15 orang. Dari Kementerian Desa PDTT, yakni dari pendamping desa dan transmigran teladan, ada 6. Dari Kementerian Kesehatan ada dokter, apoteker dan ahli teknis ada 4 orang. Dari Kementerian Sosial ada 11 orang dari berbagai kategori. Dari Kemendikbud ada 15 orang teladan nasional dari kepala sekolah dan guru. Dari Kementerian Agama ada KUA dan keluarga sakinah teladan. Dari Kemenpora ada atlet dan pelatih terbaik 4 orang,” katanya.
“Dari BPS 3 orang. Dari ANRI 5 orang. Pustakawan berprestasi ada 6 orang. Dari BKKBN ada 15 orang. Terakhir dari Kementerian Kelautan dan Perikanan sebanyak 9 orang. Total 143 orang,” tambahnya.

Dalam acara ini, nantinya Jokowi akan melakukan ramahtamah sambil makan bersama dengan para tamu undangan.