Jepang Serukan Negara-negara Putus Hubungan Diplomatik dengan Korut

Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono menyerukan negaranegara di dunia untuk memutus hubungan diplomatik dengan Korea Utara (Korut). Seruan ini disampaikan beberapa jam setelah pemerintah Amerika Serikat mengumumkan sanksisanksi baru ekonomi terhadap Korut.

Kono mengatakan, lebih dari 160 negara memiliki hubungan diplomatik dengan rezim Kim JongUn.

“Kita harus menyerukan negaranegara tersebut untuk memutus hubungan diplomatik dan ekonomi mereka dengan Korut,” kata Kono dalam pidato di Universitas Columbia, New York di selasela sidang Majelis Umum PBB, seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (22/9/2017).

Menurut Kono, saat ini bukan waktunya untuk dialog. “Sekarang waktunya bagi komunitas internasional secara keseluruhan untuk memaksimalkan tekanan terhadap Korut untuk mengambil tindakantindakan konkrit menuju denuklirisasi semenanjung Korea,” tutur Kono.

Kono memperkirakan, Korut akan kehilangan 90 persen pendapatan ekspornya jika semua negara mengimplementasikan resolusiresolusi Dewan Keamanan PBB yang ada.

Kono pun menyampaikan harapannya akan hubungan yang lebih lancar dengan China, yang memiliki sejumlah permasalahan dengan Jepang, termasuk mengenai wilayah dan sejarah masa perang.

“Kita merupakan perekonomian terbesar kedua dan ketiga di dunia. Oleh karena itu, kita memiliki tanggung jawab besar untuk perdamaian dan kemakmuran wilayah,” tutur Kono.

“Karena itu, kita seharusnya tidak saling berkonfrontasi. Kita tak boleh membiarkan ketegangan mendominasi keseluruhan Asia,” imbuhnya.