Jepang Diguncang Gempa 5,7 SR, 4 Orang Luka-luka

Tokyo – Gempa bumi berkekuatan 5,7 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Honshu, Jepang. Sedikitnya empat orang mengalami luka-luka dan sejumlah gedung serta ruas jalanan rusak.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Senin (9/4/2018), getaran gempa yang mengguncang Jepang pada Senin (9/4) dini hari sekitar pukul 01.32 waktu setempat ini dilaporkan berpusat di titik berjarak 96 kilometer sebelah utara Hiroshima.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan gempa itu berkekuatan 5,7 SR. Sedangkan Badan Meteorologi Jepang (JMA) mencatat gempa itu berkekuatan lebih besar, yakni 6,1 SR.

Namun pembangkit listrik tenaga nuklir Shimane yang ada di kawasan itu, tidak mengalami gangguan apapun. Chugoku Electric Power Co. menyatakan tidak ada ketidakwajaran yang ditemukan di pembangkit nuklir itu, usai gempa melanda.
Kyodo News Agency, seperti dilansir Japan Times, melaporkan pusat gempa itu berada di kedalaman 12 kilometer dari permukaan Bumi.

Dilaporkan Kyodo bahwa kota Oda menjadi wilayah terdampak gempa paling parah. Sedikitnya empat orang mengalami luka-luka akibat gempa di wilayah tersebut. Empat korban yang terluka ringan itu termasuk seorang remaja laki-laki berusia 17 tahun yang terjatuh dari ranjangnya saat gempa melanda.

Gempa ini memicu terputusnya aliran listrik dan mengganggu suplai air bersih. Sekitar 100 rumah dilaporkan kehilangan akses pada air bersih. Sedangkan 50 rumah lainnya tidak mendapat aliran listrik akibat gempa ini.

Otoritas setempat meminta personel Angkatan Bersenjata Jepang (SDF) untuk dikerahkan dalam membantu menyalurkan air bersih ke warga.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *