Jemaah Heboh Disambangi Menag Lukman di Hotel

Mekah Jemaah haji Indonesia yang menempati Hotel Al Murjan Royal, Mekah, kaget. Mendadak Menag Lukman Hakim Saifuddin menyambangi mereka di kamar. Ada yang curhat, ada yang cuma ternganga.

Menag Lukman melakukan sidak (inspeksi mendadak) didampingi Direktur Bina Haji Kemenag Khoirizi HD, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, Kabiro Humas Kemenag Mastuki, Kadaker Mekah Nasrullah Jassam, dan lainlain tiba di hotel pada pukul 10.20 waktu Arab Saudi, Rabu (23/8/2017). Dia naik ke lantai 5 dan langsung menyapa jemaah yang berada di luar kamar.

Menag menyambangi jemaah di Mekah
Saat ditanya kondisi dan fasilitas hotel, jemaah mengaku semua dalam kondisi baik. Makanan juga enak. Hanya jarak hotel ke Masjidil Haram jauh, sekitar 4 kilometer.

“Tapi alhamdulillah, ada bus,” kata jemaah.

Jemaah Indonesia mendapat fasilitas bus salawat. Busbus tersebut melintas di hotelhotel tempat jemaah menginap menuju Masjidil Haram dan sebaliknya. Fasilitas ini dihentikan menjelang puncak haji karena kendaraan tak bisa masuk Masjidil Haram.

Menag bergeser dari kamar ke kamar dan menanyakan usulan jemaah agar penyelenggaraan haji tahun berikutnya lebih baik. Sebagian besar tak mengeluh dan menyebut fasilitas sudah sangat memadai.

Ada beberapa hotel dan sektor yang ditengok Menag serta rombongan. Jemaah menyambut gembira. Heboh minta berfoto.

“Baru kali ini ketemu langsung dan disambangi Pak Menteri,” kata jemaah asal Merauke, Rukayah.

Sidak berakhir di Hotel Jarwal. Menag menemui beberapa haji asal Jember yang tiduran di lantai hotel. Pukul 12.25, Menag mengakhiri kegiatan. Di lobi hotel, sebagaimana di hotel lain, jemaah heboh dan berkerumun minta berfoto.