Jelang Ramadan, Pemakaman di Kabupaten Bandung Dipenuhi Peziarah

Sejak pagi, TPU Sukarame, Kecamatan Paseh, Kabupaten Bandung dipenuhi ratusan warga yang akan melakukan ziarah kubur. Meski tidak diwajibkan, zairah kubur menjelang Bulan Suci Ramadhan sudah menjadi tradisi sebagian umat Islam di Kabupaten Bandung.

Tidak hanya dilakukan oleh warga Kabupaten Bandung dan Jawa Barat saja, tradisi ini juga biasa dilakukan oleh sebagian umat Islam di Indonesia.

Ziarah kubur ke makam keluarga ini dilakukan pada hari Jumat terakhir menjelang Ramadan atau hari-hari terakhir menjelang puasa.

Pantauan detikcom, Jumat (11/5/2018) di TPU Sukarame, ratusan warga berduyun-duyun datang. Kedatangan mereka tidak dengan tangan kosong, ada yang membawa sapu lidi, sabit, dan cangkul.

Sebelum berdoa di makam keluarganya, sejumlah warga membersihkan sekitar pemakaman dengan menyapu daun dan membakarnya, juga membersihkan rumput dengan mencangkulnya.

“Sudah menjadi tradisi kami, juga sebagai bentuk rasa syukur menyambut Ramadan dan penghormatan kepada keluarga yang terlebih dahulu meninggalkan kita,” kata Iman Sulaeman (45) salah satu warga saat ditemui di TPU Sukarame.

Iman datang ke TPU Sukarame bersama istri, anak dan keluarga besarnya. Menurutnya zairah kubur sebelum puasa sudah menjadi tradisi leluhurnya.

“Sudah sejak dulu, sebelum puasa dibersihkan dulu, kan nanti juga pas Idul Fitri kita datang lagi ke sini buat ziarah lagi,” ungkapnya.

Warga lainnya, Eti Sukaesih (50) berujar ziarah kubur jelang puasa sudah rutin ia lakukan. “Sudah rutin, kita lakukan. Saya sudah ziarah ke makam ibu dan ayah,” ujarnya.

Menurutnya ziarah kubur jelang Ramadan sebagai bentuk rasa syukur masih bisa bertemu lagi Bulan Ramadhan.

“Alhamdulillah, masih bisa bertemu lagi puasa, bulan ampunan, bulan penuh hikmah, saya ucapkan syukur kepada Allah, diberi kesehatan. Meski sudah tua, insya Allah jika dipanjangkan umurnya saya akan berpuasa,” pungkasnya.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *