Jelang Pengumuman soal Yerusalem, Trump: Make America Great Again!

Presiden Ameriksa Serikat Donald Trump akan memberikan pernyataan soal Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Sebelum pengumuman resmi itu, Trump berkicau tentang kalimat yang menjadi slogannya saat kampanye Pilpres AS.

“MAKE AMERICA GREAT AGAIN!” tulis Trump dalam akun Twitternya @RealDonaldTrump, Rabu (6//12/2017).

Trump dijadwalkan akan menyampaikan sikap resminya soal Yerusalem pada pukul 01.00 WIB, Kamis (7/12). Negaranegara di seluruh dunia menunggu pernyataan Trump.

Trump menyebut rencana untuk mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel telah terlambat sangat lama. Dia menyinggung Presiden AS sebelumnya yang tidak melakukan apaapa.

“Saya pikir ini melampaui batas waktu yang lama. Banyak presiden yang mengatakan ingin melakukan sesuatu dan mereka tidak melakukannya,” kata Trump dalam rapat kabinet yang diberitakan Reuters, Rabu (6/12).

Pernyataan Trump ini dilakukan beberapa jam sebelum pengumuman resmi yang akan disampaikan oleh AS.

Langkah kontroversial Trump ini untuk menepati janji kampanye juga menindaklanjuti keputusan Kongres AS tahun 1995 yang meloloskan undangundang yang mengatur kebijakan AS untuk memindahkan Kedubes ke Yerusalem. Sejak tahun 1995, para Presiden AS terdahulu selalu menandatangani surat pernyataan atau waiver untuk menunda penerapan undangundang itu.