Jelang Mudik Lebaran, Kemenhub Pasang PJU di Jawa Barat

Minimnya fasilitas penerangan jalan umum (PJU) di ruas jalan nasional Provinsi Jawa Barat menjelang masa mudik lebaran 2018 ini menjadi perhatian Ditjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan (Kemenhub).

Ditjen Perhubungan Darat memasang fasilitas PJU di sejumlah titik. Pemasangan fasilitas PJU itu secara seremonial dilakukan di Kabupaten Cirebon, tepatnya di Kecamatan Kapetakan.

“Pemasangan PJU ini secara serentak dilakukan di Jawa Barat. Di Cirebon ada tiga wilayah, yakni Kecamatan Kapetakan, Losari, dan Astana Japura. Kita pasang sekarang alasannya karena menjelang masa mudik lebaran,” kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Irjen Pol Budi Setiyadi di kantor Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon, Sabtu (28/4/2018).

Budi menyebutkan pemasangan fasilitas OJU di Cirebon dilakukan di 68 titik. Namun, Budi tak menyebutkan secara detail anggaran mengenai proyek penerangan jalan itu. “Di Cirebon intinya ada 68 titik. Kalau anggarannya secara nasional itu sekitar Rp 600 miliar,” katanya.

Budi juga mengatakan selain bertujuan untuk mengurangi tingkat kecelakaan, pemasangan PJU juga diharapkan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Budi menerangkan setiap proyek pemasangan PJU di beberapa daerah selalu melibatkan tenaga kerja lokal.

Penyerapan tenaga kerja lokasl, diakui Budi, bagian dari pelaksanaan program padat karya tunai. “Menhub minta ke saya agar menggunakan tenaga kerja lokal. Setiap daerah kita gunakan 100 orang lebih tenaga kerja lokal. Dan, ini dilakukan di semua daerah taj hanya di Cirebon,” katanya.

Di tempat yang sama, anggota komisi V DPR RI Yoseph Umarhadi mengatakan proyek pemasamgan PJU menjelang masa mudik lebaran dilakukan secara nasional. Pihaknya menyambut baik program teraebut.

“Sekarang pemerintah sangat peduli dengan tingkat kecelakaan. Semoga ini bisa menurunkan angka kecelakaan, saya menyambut baik ini,” ucap politisi PDI Perjuangan itu.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *