Israel Bunuh 16 Warga Palestina, Liga Arab Gelar Sidang Darurat

Liga Arab akan menggelar sidang darurat pada Selasa (3/4) besok untuk membahas serangan Israel yang menewaskan 16 warga Palestina di Jalur Gaza.

Saeed Abu Ali, Wakil Sekjen untuk Palestina dan wilayah pendudukan Arab di Liga Arab, mengatakan bahwa Arab Saudi akan memimpin sidang yang akan digelar atas permintaan otoritas Palestina tersebut.

Seperti dilansir kantor berita Turki, Anadolu Agency, Senin (2/4/2018), Otoritas Palestina meminta Liga Arab untuk menggelar pertemuan tersebut dikarenakan kejahatan-kejahatan Israel dan serangan mematikan terhadap warga Palestina yang melakukan aksi demo damai pada Jumat (30/3) waktu setempat lalu.

Liga Arab menyatakan pihaknya terus mengikuti perkembangan menyusul tewasnya 16 warga Palestina akibat tembakan-tembakan pasukan Israel di perbatasan Gaza. Liga Arab juga menuntut komunitas internasional untuk memenuhi tanggung jawabnya guna menghentikan pelanggaran-pelanggaran Israel dan membentuk komisi penyelidikan.

Dalam peristiwa yang terjadi pada Jumat (30/3) tersebut, puluhan ribu demonstran Palestina berkumpul di perbatasan timur Jalur Gaza dengan Israel untuk menuntut hak mereka kembali ke rumah-rumah leluhur mereka di Palestina. Terkait aksi demo besar-besaran itu, Israel mengerahkan ribuan tentara di sepanjang perbatasan.

Dalam aksi demo itu, 16 warga Palestina tewas ditembak tentara Israel. Otoritas Israel menegaskan pasukan melepas tembakan ke arah para ‘penghasut utama’ dalam kerusuhan dengan pelemparan batu dan bom botol. Hampir 1.500 orang lainnya dilaporkan luka-luka dalam insiden tersebut.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *