Injury Time Pilgub Jatim, Gerindra-PKS-PAN Belum Tunjuk Jagoannya

Masa pendaftaran Pilgub Jatim sudah dibuka hari ini. Dua poros koalisi sudah memiliki cagub atau cawagub yang diusungnya. Tinggal Gerindra, PKS, dan PAN yang belum menentukan jagoannya.

PAN menjelaskan, akan membahas soal jagoan di Pilgub Jatim bersama Gerindra dan PKS hari ini. PAN masih membuka peluang tak berkoalisi dengan Gerindra dan PKS jika tak deal.

“Kalau nggak salah ada keputusan besok. Apakah poros baru itu betul-betul kenyataan atau kami memilih di antara dua calon (Khofifah Indar Parawansa dan Gus Ipul) yang sudah ada,” kata Ketua DPP PAN, Yandri Susanto saat dihubungi , Minggu (7/1/2018) malam.

Bagaimana dengan Gerindra? Sejumlah nama diketahui masuk radar Gerindra seperti Moreno Soeprapto hingga La Nyalla Mattalitti. Waketum Gerindra Arief Poyouno menjelaskan alasan Gerindra belum menunjuk cagub-cawagub di Jatim.

“Kami nih lagi mikirin tentang biayanya itu. Paling nggak Rp 300 miliar lho Jatim tuh, paling sedikit,” terang Arief.

Berdasarkan peta kekuatan saat ini, baru satu poros koalisi yang sudah memiliki cagub-cawagub yang diusungnya. Koalisi Golkar, Demokrat, PPP, NasDem, dan Hanura mengusung Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak.

Poros PDIP-PKB sudah mengusung Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Soal cawagub masih alot mengingat Abdullah Azwar Anas yang mengembalikan mandatnya ke PDIP. Belum ada kepastian soal posisi cawagub Gus Ipul sejauh ini.
“Untuk Jatim, tentu saja kami masih melihat suasana kebatinan Azwar Anas yang saat ini terus mendapatkan dukungan dari rakyat. Rakyat Banyuwangi juga berbondong-bondong melihat kinerja Azwar Anas, tentu saja kami tidak tergesa-gesa, masih ada waktu,” ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, kemarin.

Mengingat masa pendaftaran tinggal 2 hari lagi, tentu saja beberapa parpol harus segera menentukan cagub-cawagub untuk didaftarkan ke KPUD Jatim. Masa pendaftaran akan ditutup tanggal 10 Januari 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *