Ini Pelajar MTs Raih Juara 1 Hafal 10 Juz MTQ se-Jatim

Seorang remaja putri di Lamongan mendapat bonus hadiah umroh. Hadiah umroh ini didapat karena berhasil meraih juara 1 Tahfid 10 juz dalam MTQ tingkat Jatim. Sawabila Irfanah, tak menyangka akan mendapat hadiah umroh.

Atas prestasi yang diraihnya, remaja asal Desa Glagah, ini melecut hasratnya meraih level yang lebih tinggi.

“Alhamdulillah senang sekali dengan hadiah umroh ini,” kata Sawabila kepada wartawan di Pendopo Lokatantra Lamongan, Kamis (23/11/2017).

Sawabila menuturkan, keberhasilan ini tidak diraih secara instan. Namun, harus melalui proses panjang. Sawabila mengaku mulai menghafal Alquran sejak kelas 1 MTs. “Kalau sekarang sudah kelas 2 MTs belajar di rumah saja diajari sama orang tua,” tuturnya.

Remaja berusia 14 tahun itu mengaku tak ada yang istimewa dari cara belajarnya menghafal Alquran. Langkah pertama, aku Sawabila, menghafal ayat demi ayat. “1 Ayat 2 ayat nanti berkembang setiap hari, bisa 1 halaman terus bisa 2 halaman setiap harinya,” ujarnya sambil menjelaskan metode belajarnya.

Saat lomba, Sawabila juga tiap hari secara kontinyu diberikan pertanyaan oleh orang tuanya. Ini untuk memperdalam dan mempertajam hafalannya. “Ibu dan ayah saya tanya hingga 20 pertanyaan setiap hari,” terangnya.

Sementara, ibu kandung Sawabila, Nur Khamsah mengaku sebagai orang tua bangga dengan prestasi anaknya. Nur mengaku, mereka melatih anaknya setiap habis maghrib dan setelah habis belajar pelajaran sekolah.

“Waktu senggang selalu dimanfaatkan anak saya untuk menghafal, setiap hari, anak saya juga harus melakukan setoran apa yang dia hafal,” tutur Nur.

Nur mengaku, setiap habis maghrib Sawabila berlatih tartil di gurunya dan kalau menghafal di rumah. “Sekarang juga persiapan tingkat nasional untuk Tahfid 10 juz,” tambahnya.

Selain Sawabila Irfanah, tiga remaja lain juga mendapat hadiah yang sama. Yakni, pemenang Cabang Musabaqah Syarhil Quran beregu, yakni Dinnatul Lailiyah, Alfinatuzzahrih dan Mas Rifwiyah Maulana Al Fisyah. Mereka berhasil meraih medali emas cabang Syarhil Quran beregu dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Jatim.

Related Post