Ini Harus Diperhatikan Pemudik Saat Lewat Kawasan Sumedang

Sumedang – Kawasan Sumedang, Jawa Barat, siap menyambut pemudik tahun ini. Polisi memastikan kondisi jalan di wilayah Sumedang laik dilalui kendaraan.

Kawasan Sumedang sendiri menjadi salah satu jalur lintasan pemudik menuju ke Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning). Jalur tersebut kerap dilalui pemudik yang hendak menuju ke kawasan Ciayumajakuning selain lewat Pantura atau Tol Cipali.

“Secara keseluruhan, relatif bagus,” ucap Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo saat berbincang dengan via pesan singkat, Selasa (5/6/2018)

Hartoyo memastikan kondisi jembatan Cicapar di Jalan Situraja, Sumedang yang beberapa waktu lalu sempat ambles sudah mulai bisa dilalui. Hanya saja, kendaraan yang melintas dibatasi tidak lebih dari 8 ton.

“(Jembatan) Cicapar enggak ada masalah, tapi saya imbau, kan ada batasan tonase maksimal delapan ton, itu harus diperhatikan,” katanya.

Sementara untuk di kawasan Cadas Pangeran dengan kondisi jalur berkelok, Hartoyo menyebut jalur tersebut rawan kecelakaan dan rawan bencana longsor. Namun, pihaknya dengan pemerintah daerah setempat sudah menyiapkan langkah dengan penyiagaan personel dan alat berat.

“Betul (rawan laka dan bencana), kita siapkan alat berat, damkar dan mobil derek,” kata dia.

Meski terbilang laik dilalui kendaraan, pihaknya tetap mengimbau pemudik untuk lebih waspada saat melewati kawasan Sumedang. Pasalnya, kondisi jalannya sempit dan sedikit bergelombang.

“Jalurnya juga cenderung sepi dan panjang bisa menurunkan konsentrasi pengendara terutama pengendara sepeda motor, makanya perlu kewaspadaan,” tutur Hartoyo.

Selama pelaksanaan mudik sendiri, pihaknya mengerahkan 720 personel serta sejumlah pos pengamanan. Ada total 7 pos pengamanan (pos pam) yang disiapkan di wilayah hukum Polres Sumedang.

Ketujuh pos pam tersebut berada di 2 jalur Selatan Sumedang, 2 pos pam di Tomo dan di Sumedang Utara serta 3 pos pam di jalur Kahatex.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *