Ini Dana Kampanye Paslon Pilwali Malang 2018, Petahana Terbanyak

Tiga pasangan calon (paslon) Pilwali Malang 2018 sudah menyetorkan dana kampanye sesuai deadline yang ditentukan KPU. Berapa besar dana kampanye para paslon itu?

Komisioner KPU Kota Malang Fajar Santosa mengatakan, semua paslon sudah menyetorkan dana kampanye di batas yang ditentukan.

Dari tiga paslon, pasangan Moch Anton-Syamsul Mahmud melaporkan dana kampanye mereka sebesar Rp 100 juta. Dana paslon urut 2 yang diusung oleh PKB, PKS, Gerindra, dan Perindo ini yang terbanyak.

Untuk paslon urut 1, Ananda Yaqud Gudban-Wanedi melaporkan dana kampanye awal mereka sebesar Rp 62 juta. Paslon ini diusung PDIP, PAN, PPP, dan Hanura.

Sedangkan paslon urut 3, Sutiaji-Sofyan Edi Jarwoko menyetorkan dana kampanye sebesar Rp 10 juta. Paslon ini diusung Partai Golkar dan Demokrat.

“Itu dana kampanye yang disetorkan oleh ketiga paslon. Siang ini, kita plenokan untuk menindaklanjuti laporan yang disetorkan,” ujar Fajar Santoso saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (15/2/2018).

Mengacu kepada Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pilkada serentak di Pasal 7 ayat 2 dan 3, kata Fajar, diatur bahwa dana kampanye penyumbang pribadi sebesar Rp 75 juta.

“Sementara penyumbang dana swasta sebesar Rp 750 juta,, sedangkan pribadi Rp 75 juta,” sambung Fajar.

Menurut Fajar, dana bisa berasal dari partai politik dan pribadi dengan batasan yang sudah ditentukan. “Nanti ada kantor akuntan publik yang akan mengaudit dana yang disetorkan,” tuturnya.

Ditambahkan, paslon juga diwajibkan membuat rekening khusus dana kampanye, dan paslon menerbitkan Laporan Anggaran Dana Kampanye (LADK). “Setelah membuat rekening tersebut, mereka wajib melaporkan LADK,” tambah Fajar.

Hari ini, paslon Moch Anton-Syamsul Mahmud menggelar kampanye hari pertama dengan blusukan di Pasar Sukun, Kasin, dan Janti.

Sementara paslon Ananda Yaqud Gudban-Wanedi mengadakan kampanye di beberapa tempat serta silaturahmi dengan sejumlah tokoh, hari ini.

Sementara paslon Sutiaji-Sofyan Edi Jarwoko belum diinformasikan agenda kampanye mereka di hari pertama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *