Ini Cara Tentara Jalin Kebersamaan dengan Polisi dan Kades

Trenggalek Komando Distrik Militer (Kodim) 0806 Trenggalek memiliki cara unik untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke72. Mereka menggelar permainan bersama lintas instansi antara TNI, Polisi dan Kepala Desa.

Komandan Kodim 0806 Trenggalek, Letkol Arm Bayu Arg Asmoro mengatakan, permainan yang dilakukan beraneka ragam, mulai dari balap bakiak, bola volly dengan net tertutup, permainan buldozer dan beberapa kegiatan lain.

Permainan tersebut berlangsung meriah, balap bakiak misalnya, masingmasing tim saling beradu kekompakan untuk menjadi yang tercepat dalam menggapai garis finish.

Demikian halnya dengan permainan bola volly tertutup, masingmasing tim tidak dapat melihat lawan, karena net yang digunakan berupa plastik terpal, sehingga kerjasama sesama tim sangat dibutuhkan untuk mengembalikan bola umpan maupun smash dari lawan.

“Tujuan utamanya saya ingin mempererat hubungan tiga pilar di tingkat desa, makanya melibatkan kepala desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang ada di seluruh wilayah di Trenggalek,” katanya, Kamis (28/9//2017).

Menurutnya, dengan permainan sederhana tersebut diharapkan terjalin hubungan emosional yang lebih dekat antar instansi, sehingga bisa berdampak pada pelayanan dan pengayoman terhadap masyarakat yang lebih baik.

Dalam kegiatan tersebut, pihaknya sengaja tidak memisahkan antara instansi TNI, Polisi dan Kepala Desa, namun mereka justru dicampur dan hanya dipisahkan berdasarkan rayon atau wilayah kerja masingmasing.

“Selain itu, semua permainan yang kami berikan membutuhan kerjasama dan kekompakan tim, seperti balap bakiak tadi, kalau kurang kompak maka akan terjatuh. Filosofi inilah yang coba kami tanamkan,” imbuhnya.

Sementara itu Wakil Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin mengapresiasi langkah langkah yang diambil Kodim Trenggalek. Pihaknya berharap, antara TNI, Polisi dan Kades yang ada di seluruh desa mampu bekerjasama dengan baik.

“Inisiasi dari Kodim ini sangat baik untuk menjaga kekompakan, karena Bhabinkamtibmas Babinsa dan Kepala Desa merupakan ujung tombak pelayanan dan pengayoman yang ada ditingkat Desa. Mereka bersentuhan langsung dengan masyarakat,” ujarnya.