Ini Alasan Polisi Ingin Beri Honor ke Supeltas Pengatur Lalin

Pihak kepolisian ingin memberikan honor kepada sukarelawan pengatur lalu lintas (supeltas). Polisi menilai pekerjaan mengatur lalu lintas sangat melelahkan sehingga dirasa perlu untuk memberikan honor sebagai imbalannya atas jasanya.

“Karena pasti capek kan, dia setiap hari sukarelawan ini mengatur lalu lintas,” ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Halim Pagarra kepada detikcom, Jumat (4/8/2017).
Selain itu, Halim menyadari supeltas ini ratarata datang dari kalangan masyarakat ekonomi bawah. Penghasilan dari pekerjaannya pun tidak terlalu besar.

“Ya mungkin pendapatannya tidak terlalu besar sehingga ya wajar lah kalau dikasih honor,” lanjutnya.
Dana untuk honor supeltas ini masih dipikirkan oleh pihak kepolisian. Polisi tidak memiliki anggaran khusus untuk membiayai supeltas.

“Iya ini masih kami pikirkan, apakah dari dana CSR perusahaan atau lainnya,” sambungnya.
Selain pemberian honor, polisi akan memberikan rompi khusus kepada supletas. Untuk melindungi kepala dari sengatan matahari, supeltas juga akan diberikan sebuah topi.

“Kalau rompi atau topi itu kami kasih nanti,” tuturnya.

Wacana memberdayakan supeltas ini dilakukan, mengingat personel Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya untuk melakukan pengaturan, tidak terlalu banyak. Sementara spot kemacetan di Jakarta ini sendiri kian bertambah banyak.

“Saya sementara ini memberdayakan anggota Samsat untuk mengatur lalu lintas setiap pagi pukul 07.3008.00 WIB, itu kami kerahkan ke lapangan untuk membantu mengurai kemacetan,” jelasnya.