Hyon Song Wol, Pemimpin Delegasi Korut Sang Mantan Pacar Kim Jong-Un

Delegasi Korea Utara (Korut) yang meninjau lokasi Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang di Korea Selatan (Korsel), dipimpin seorang wanita bernama Hyon Song Wol. Hyon dirumorkan pernah menjadi kekasih pemimpin Korut, Kim Jong-Un, satu dekade lalu.

Seperti dilansir media lokal Korsel, JoongAng Daily, Senin (22/1/2018), Hyon kini dikenal sebagai pemimpin Orkestra Samjiyon yang akan tampil dalam acara budaya terkait Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018 yang akan digelar Februari mendatang di Korsel.

Di Korut, Hyon juga dikenal sebagai pentolan kelompok grup wanita atau girlband Moranbong, yang menjadi favorit Kim Jong-Un. Moranbong yang memiliki gaya musik dan penampilan ala Barat ini, dibentuk atas perintah Kim Jong-Un pada Juli 2012. Tidak diketahui apakah Moranbong akan ikut tampil bersama Orkestra Samjiyon nantinya.

Hyon memimpin delegasi Korut yang beranggotakan tujuh orang dalam kunjungan ke Korsel pada Minggu (21/1) waktu setempat. Delegasi ini datang untuk memeriksa fasilitas budaya di Gangneung dan Seoul yang akan menjadi lokasi Orkestra Samjiyon tampil, bulan depan.

Hyon tampil trendi dengan mantel musim dingin berwarna hitam dan syal bulu-bulu serta sepatu hak tinggi. Hanya tersenyum, Hyon tidak memberikan komentar apapun kepada media yang mengikutinya.

Dilaporkan media Inggris, The Telegraph, otoritas intelijen Korsel meyakini Hyon dan Kim Jong-Un berpacaran sekitar tahun 2002, atau tepat setelah Kim Jong-Un pulang dari Swiss usai mengenyam pendidikan di sebuah akademi swasta elite di sana.
Dilaporkan media Australia, news.com.au, sosok Hyon sempat menjadi misteri di Korut. Dia dilaporkan pernah menjalin hubungan asmara dengan Kim Jong-Un sekitar satu dekade lalu. Disebut-sebut bahwa Kim Jong-Il, yang merupakan mendiang ayah Kim Jong-Un, tidak merestui dan meminta hubungan asmara keduanya diakhiri.

Setelah hubungan asmaranya dengan Kim Jong-Un berakhir, muncul rumor dan laporan bahwa Hyon telah dieksekusi mati karena dia menghilang dari publik. Kabar eksekusi mati Hyon sempat muncul pada pertengahan tahun 2000-an dan tahun 2012 lalu. Namun kemunculan Hyon beberapa waktu terakhir menjawab pertanyaan soal kondisinya. Hyon ternyata masih hidup dan baik-baik saja.

“Keduanya telah saling mengenal satu sama lain sejak mereka masih remaja dan sempat dirumorkan keduanya menjalin hubungan yang beredar luas di kalangan pejabat elite Pyongyang,” tutur seorang sumber pejabat intelijen Korsel kepada JoongAng Daily di Seoul, beberapa tahun lalu.

Rumor soal Hyon dan Kim Jong-Un ini telah lama beredar. Sejumlah pengamat Korut lainnya membantah rumor ini. Pada 15 Januari lalu, Hyon juga muncul ke publik saat ikut serta dalam delegasi Korut yang berunding dengan Korsel di desa perbatasan Panmunjom. Dia menjadi satu-satunya wanita yang ikut delegasi Korut saat itu.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *