Habib Rizieq Akan Segera Pulang ke Indonesia

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) HabibRizieqShihab kembali menyatakan akan segera pulang ke Indonesia, setelah menyampaikan pesan audio berisi ajakan rekonsiliasi dengan pemerintah.

Hal ini disampaikan salah seorang pengacaranya, Kapitra Ampera, setelah muncul rekaman audio yang beredar di media sosial. Dalam pesan ini, Rizieq antara lain menyerukan rekonsiliasi atau dialog dalam menyelesaikan persoalan.

Dikatakan pula, rekonsiliasi harus dibarengi dengan ‘penghentian kriminalisasi terhadap ulama dan aktivis’.

Rizieq meninggalkan Indonesia untuk umrah akhir April lalu dan sejak itu beberapa kali mengatakan akan pulang ke Indonesia namun meminta polisi ‘menegakkan keadilan’.

“Akan segera kembali ke Indonesia. Tapi kami masih ada beberapa agenda yang harus selesaikan di Indonesia, makanya kami memintanya untuk menunggu sebentar. Dia akan kembali segera,” kata Kapitra kepada wartawan BBC Indonesia, Mohamad Susilo, melalui percakapan telepon hari Selasa (04/07).

Agenda yang dimaksud antara lain adalah kelanjutan pertemuan tim GNPF-MUI dengan Presiden Joko Widodo yang berlangsung pada Hari Raya pekan lalu.

Bukan sekali ini tim Rizieq mengatakan akan segera pulang ke Indonesia. Penegasan yang sama disampaikan akhir Mei lalu. Kali ini penegasan dilakukan setelah ada pertemuan GNPG-MUI dengan Presiden Jokowi. Rizieq menempati posisi sebagai salah satu pengurus inti GNPF-MUI tersebut.

Soal kapan tepatnya Rizieq pulang, Kapitra belum bisa memastikannya.

“Saya belum berani memastikannya … (yang jelas) sudah ada komunikasi dengan saya sebagai pengacaranya bahwa ia sudah beri informasi, beri sinyal ia akan segera kembali ke Indonesia,” jelas Kapitra.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *