Gubernur Jatim Lantik Empat Pj Bupati

Gubernur Jawa Timur Soekarwo melantik empat Penjabat (Pj) bupati. Mereka yakni Bupati Probolinggo, Bupati Sampang, Bupati Bangkalan dan Bupati Bojonegoro.

Nama-nama yang dilantik yakni Kepala Bakesbangpol Jatim Jonathan Judianto (Pj Bupati Sampang), Asisten I Sekdaprov Jatim Suprianto (Pj Bupati Bojonegoro), Kepala Bakorwil Jember Tjahjo Widodo (Pj Bupati Probolinggo), dan Kepala Bakorwil Pamekasan I Gusti Ngurah Indra Setiabudi Ranu menjadi (Pj Bupati Bangkalan).

Pakde Karwo, sapaan Gubernur Jatim Soekarwo mengatakan pengisian jabatan ini karena masa jabatan bupati tersebut telah berakhir. Bupati Probolinggo, misalnya, masa jabatannya berakhir tanggal 28 Pebruari 2018, Bupati Sampang 26 Februari 2018, Bupati Bangkalan 4 Maret 2018 dan Bupati Bojonegoro 12 Maret 2018.

Pakde Karwo pun mengimbau kepada bupati baru untuk mengemban semua kebijakan untuk melanjutkan roda pemerintahan yang telah berjalan.

“Semuanya (kebijakan yang dijalankan). Kecuali membatalkan perjanjian yang sudah ada, perjanjian itu tidak boleh dibatalkan,” ujar Pakde Karwo usai melantik Pj Gubernur di Gedung Grahadi Jalan Gubernur Suryo, Selasa (13/3/2018).

Tak hanya itu, Pakde juga melarang bupati baru melakukan mutasi. Hal ini karena mutasi tidak diizinkan Menteri Dalam Negeri, terlebih melalui gubernur. Selain itu Pj bupati tidak diperbolehkan memberikan kebijakan baru.

“Pj bupati tidak boleh memberikan kebijakan baru,” tegas gubernur yang telah menjabat selama dua periode ini.

Kendati demikian, Pakde Karwo mengapresiasi tingginya pelayanan publik di Jawa Timur. Menurutnya, apa yang sudah dilakukan para bupati selama ini sudah cukup baik.

Selain empat Penjabat (Pj) bupati, gubernur juga melantik Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Plt Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda). Sesuai jabatan yang ada, kini Plt tersebut diisi istri dari masing-masing bupati yang dilantik.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *