Geng Selebriti, Sekadar Eksis?

Punya hobi dan pekerjaan serta gaya hidup yang sama, membuat sejumlah selebriti di Tanah Air memutuskan membentuk kelompok atau geng. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, geng terbentuk karena kesamaan latar belakang sosial, sekolah, daerah, dan sebagainya.

Nah, saat ini di media sosial geng selebriti yang cukup eksis memang masih bisa dihitung dengan jari. Sebut saja geng Girls Squad yang digawangi Nia Ramadhani, Jessica Iskandar, Chaca Frederika dan sejumlah artis, pengusaha dan sosialita. Selain itu ada juga geng selebriti yang memiliki pertemanan cukup beragam dari mulai artis, desainer, presenter dan lainnya.

Adanya perkumpulan ini sedikit banyaknya diwarnai karena kesamaan, entah gaya hidup maupun karakter. Lantas menanggapi fenomena ini, apa kata psikolog Kasandra Putranto?

“Selebriti itu kan manusia biasa, mereka perlu interaksi dan sosialisasi juga. Dengan bintangnya masing-masing, mungkin jadi terkesan eksklusif, tetapi tentu saja tidak masalah. Karena itu hak mereka,” ujar Kasandra kepada VIVA, Senin, 18 Desember 2017.

Kumpulan oran ini, kata Kasandra, tentu tidak asal kumpul. Kebanyakan karena mereka memiliki banyak kesamaan.

Tidak dipungkiri, yang namanya geng a?tau kelompok bukan hanya milik selebriti, musisi atau orang kenamaan lainnya. Namun orang awam juga memiliki perkumpulan sendiri hanya saja tidak terpublikasi karena bukan dari kalangan siapa-siapa.

“Semua orang pasti punya semacam itu (geng). Pada dasarnya kayak arisan saja, cuma karena selebriti jadi lebih heboh. Apalagi modelnya yang dandan abis dan yang banyak uangnya. Selebriti yang hobi olahraga kan juga banyak, geng olahraga,” tutur wanita berambut panjang tersebut.

Nah berikut ini adalah geng selebriti yang eksis tidak hanya di media sosial, mereka juga tidak hanya aktif di media soal, ada juga geng yang aktif dalam kegiatan sosial.

Girls Squad

Geng yang satu ini dikenal sangat eksis di media sosial, Girls Squad  terdiri dari 12 wanita cantik yang berbeda profesi, Jessica Iskandar, Nia Ramadhani, Selly, Karenina, Irene, Farah, Jennifer Bachdim, Theresa, Chaca Frederica, Rosma, dan Hertika.

Berlatar belakang ‘arisan’ itulah awal mula terbentuknya pertemanan tersebut. “Girls Squad itu teman-teman aku, ada yang sudah kenal 15 tahun, 14 tahun, ada yang baru juga, teman-teman aku,” kata Jessica kepada VIVA.

Jessica menjelaskan, awalnya terbentuk Girls Squad karena arisan. “Waktu itu Nia (Nia Ramadhani) ngajakin aku terus ‘Jess ayo kita arisan’, aku tanya siapa saja, ya sudah aku ajak teman-teman aku,” ujarnya. Tidak hanya sekadar berkumpul, seluruh anggota Girls Squad memiliki jiwa sosial yang tinggi, maka dari itu, setiap kali berkumpul seluruh anggota menyisihkan dana untuk bakti sosial.

“Awalnya arisan dan charity. Arisan harus ada charity biar bermakna, jadi dari hasil nya disisihkan untuk charity. Girls Squad awalnya pure karena arisan,” kata wanita berusia 29 tahun tersebut. Bukan tanpa alasan, Jessica dan Nia memilih wanita-wanita cantik tersebut bergabung di grup arisannya.

“Ya aku pilih yang baik saja, hahaha, yang sepergaulan dari dulu, semua baik-baik. Jadi teman lama, aku kan enggak kenal, enggak saling kenal, tapi pas di Girls Squad jadi saling kenal,” katanya.

Ibu dari El Barack Alexander itu mengaku bahagia bisa menjadi bagian dari Girls Squad. Selama bergabung, Jessica menilai banyak hal positif yang ia rasakan.

“Manfaatnya banyak banget, dari persahabatan ini mendatangkan banyak rezeki, adanya program baru, bisa saling membantu sesama yang membutuhkan, bahagia setiap hari,” ungkapnya. Suka duka pun kerap dirasakan wanita-wanita cantik tersebut. Dan, apakah pernah kedua belas wanita tersebut perna bertengkar?

“Aku sih enggak ya, kan dah pada gede, hanya beda pendapat beberapa kali. After thatsudah baik lagi. Tapi kita semua saling kasih masukan,” tutur Jedar, sapaan Jessica.

Apa alasan Girls Squad kerap berfoto di setiap pertemuannya? “Awalnya kita kan foto pakai handphone saja, kita kan kalau upload kan langsung ber-12, banyak banget ini geng nya, langsung jadi viral, nah kita juga suka namain #mysquad, #mysquad, dan sering banyak yang bikin memenya, dan mulai saat itu kita suka ajak fotografer pribadi di setiap kali kita kumpul,” jelasnya.

Demi mendapatkan foto-foto terbaik, Girls Squad rela membayar fotografer profesional dengan budget sendiri. “Dompet pribadi saja,” katanya.

Berbeda dari geng Girl Squad yang baru dibentuk belum lama, kelompok  Novita Angie, Meisya Siregar, Mona Ratuliu, Ersa Mayori, dan Ria Finola atau Nola ‘B3’ sudah terjalin selama 12 tahun.

Sesuai dengan namanya, mereka adalah sekumpulan ibu-ibu gaul yang selalu menyempatkan diri meluangkan waktu bersama sahabat-sahabat dekat. Tujuannya, untuk saling bertukar pikiran dalam mengasuh anak-anak mereka.

Hingga kini, hubungan mereka masih tetap baik meski semua personelnya disibukkan oleh aktivitas harian mereka masing-masing. Geng Mom Sweet Mom masih sering berkomunikasi dan berkumpul secara intens. Tak jarang mereka juga suka liburan bersama dengan mengajak suami dan anak-anak mereka. Hal ini diketahui karena mereka sering mengunggah kebersamaan di akun Instagram masing-masing.

“Jadi kita ini kenal  dari 20 tahun lalu, dari zaman Gadis Sampul, aku, Echa, Meisha, sama Nola juga kan dulu B3 sering isi acara Gadis, sama Mona juga pernah main sinetron bareng. Mona, Meisha, aku satu sinetron pernah. Tapi dekat dari saat punya anak pertama yaitu sekitar 12 tahun,” kata Novita Angie kepada VIVA.

Walaupun begitu, Novita Angie mengaku kelompok mereka berlima bukanlah sebuah geng. Nama Mom Sweet Mom digunakan untuk nama website mereka. “Tiga tahun lalu kita memutuskan ‘eh kita tuh banyak cerita loh dari genk kita yang bisa kita sharingdari liburan, yuk kita bikin website’. Tapi memang kita menamakan mom sweet momitu untuk website kita,” sambungnya.

Kalau geng ‘zaman now’ sering foto-foto cantik di studio, Novita Angie dan sahabat merasa tidak punya waktu untuk itu. Setiap kali bertemu, mereka lebih asyik ngobrol sambil menjaga anak-anak. “Enggak ada tuh, orang kita semua malas dandan. Pengin sih ‘kapan-kapan kita bikin foto yuk? Yuk tapi kapan?’ akhirnya ngumpul di cafe lagi di rumah lagi pakai baju rumah karena pada malas,” selorohnya.

Saat ayahanda meninggal bulan lalu, Angie merasa sangat terbantu dengan kehadiran para sahabat beserta keluarga mereka. Inilah menurutnya yang disebut persahabatan di kala suka dan duka. “Satu yang saya dapat di saat ayah saya meninggal mereka ada di saat suka dan duka. Mereka banyak membantu ngurusin tenda, makan, masjid. Dibantu banget sama keluarga sahabat. Karena kita berteman dalam suka dan duka,” terangnya.

Geng Sahabat

Persahabatan lima wanita cantik ini memang sudah terjalin cukup lama. Mereka adalah Ussy Sulistiawati, Olla Ramlan, Ririn Ekawati, Ashanty, dan Nindy Ayunda. Lima selebriti ini disebut-sebut sebagai geng setelah mereka melakukan foto shoot bersama. Namun Ussy menampik kalau mereka adalah sebuah geng.

“Kita itu enggak ada geng. Banyak yang nanya, geng kalian apa sih. Kita itu enggak ada geng, enggak ada namanya,  Pokoknya kita ngumpul-ngumpul kalau bisa ya berbagi tips soal anak yang memang umurnya enggak beda jauh. Intinya kita teman baik aja,”ujar Ririn kepada VIVA.

Ririn juga mengaku kalau dia dan temannya yang lain sudah akrab sejak beberapa tahun. “Kalau aku sama Ashanty itu sudah 10 tahun ya. Tapi baru mulai sering ketemu ya tiga tahun lah. Kalau Nindy sudah lama juga kenalnya. Tapi akhir-akhir ini ya pas dua tahun ini ketemu,” ujarnya.

Soal foto bersama, Ussy mengaku kalau hal ini bisa dianggap sebagai reward bagi mereka pasca melahirkan. “Kita foto-foto ini buat rewards, setelah hamil, melahirkan, ngurus anak, olah raga, ngurus suami, ngurus kerjaan juga, dan akhirnya bisa sedikit-dikit balikin badan. Wajar atuh pengen foto-foto cantik, bareng para sahabat yang hamilnya hampir semua barengan,” ungkap Ussy di akun Instagramnya @ussypratama.

Istri Andhika Pratama tersebut juga berharap agar masyarakat tidak membandingkan persahabatannya dengan yang lain. “So jangan bandingkan kita sama siapa pun, karena kita sama sekali bukan bersaing atau jadi saingan siapapun, banyak yang nanya nama geng nya apa, ora ono (tidak ada), kita hanya “sahabat”,” sambungnya.

Diantara persahabatan selebriti yang kerap dianggap sebagai geng, salah satunya ada juga geng bernama Mentri Ceria yang terdiri dari Luna Maya, Melanie Ricardo, Ayu Dewi, Edric Tjandra, dan Iwet Ramadhan. Belum lama ini, mereka berlima terlihat mengunggah foto studio.

Menurut Luna Maya, proses foto studio yang mereka ikuti bervariatif, ada yang bayar sendiri namun ada juga yang gratis. “Foto ada yang bayar kadang gratis,” ujarnya singkat. Selain itu, tidak ada alasan khusus atas terbentuknya geng Mentri Ceria. “Eggak ada alasan apa-apa. Enggak ada kegiatan,” tambahnya.

Geng Dazzling

Terdiri dari enam wanita cantik, Rini Yulianti, DJ Yasmin, Ajeng Kartika, Citra Radityo dan Sheza Idris dan Garneta Haruni pertama kali terlihat menggunakan nama Dazzling pada 30 November 2016. Lewat unggahan di Instagram @Riniyulianti, pesinetron cantik tersebut mengunggah foto saat mereka tengah melakukan latihan dance. “Girls just wanna have fun! #dazzling #lipsdance#lipsdancestudio #girls #havefun #beauty,”tulisnya.

Kemudian dari foto-foto berikutnya, enam sahabat ini juga rutin melakukan foto shootbersama. Konsepnya pun menarik dari all black yang seksi, glamour hingga cinta batik. Semua itu dilakukan pada Febuari 2017 lalu.

“Jadi memang kayak slogan We can not be far from our herd. Kita akan mendekat sama orang yang cocok, suka dandan ya sama yang suka dandan, suka olahraga sama yang suka olahraga. Lebih tepatnya sesuai perilaku sih, karakteristik dan kebiasaan,” ungkap psikolog Kasandra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *