Gempa 3,7 SR di Kabupaten Bandung, 47 Rumah dan 2 Masjid Rusak

Kabupaten Bandung Gempa berkekuatan 3,7 skala Richter (SR) mengguncang wilayah Kabupaten Bandung siang tadi, Selasa (18/7/2017), sekitar pukul 12.58 WIB. Gempa tersebut mengakibatkan puluhan rumah di wilayah Kecamatan Ibun yang berbatasan dengan Garut mengalami kerusakan.

Dari data yang dihimpun detikcom di website BMKG,  pusat gempa berada di darat 21 kilometer arah tenggara Kabupaten Bandung, di kedalaman 10 kilometer.”Akibat gempa, beberapa rumah mengalami kerusakan seperti retakan pada tembok dan lantai,” kata Kapolsek Ibun Iptu Asep Dedi melalui pesan singkat.

Dedi mengungkapkan, dari data sementara rumah yang mengalami kerusakan ringan berjumlah 41 rumah dan yang mengalami kerusakan berat berjumlah 6 rumah. “Selain itu, dua bangunan masjid juga mengalami kerusakam,” ungkapnya.

Dedi menambahkan daerah yang sebagian besar mengalami kerusakan terdapat di RW 06 dan RW 07 Desa Laksana dan RW 07 Desa Ibun, Kecamatan Ibun.

“Kami bersama pemerintah desa (setempat) masih melakukan pengecekan ke desa lainnya di wilayah Kecamatan Ibun,” tambahnya.

Dedi juga mengimbau, untuk mengantisipasi terjadinya retakan yang lebih parah diharapkan warga yang rumahnya mengalami kerusakan untuk mengungsi ke rumah saudaranya.”Kami menganjurkan bagi masyarakat yang mengalami kerusakan (rumah) berat agar menginap di rumah saudara terdekat dikhawatirkan ada gempa susulan,” pungkasnya.