Gara-gara Bakar Sampah, Ilalang di Gudang Pabrik Es Dilalap Api

Sebuah gudang pabrik es PT Kali Brantas Desa Megare Ngelom No 573, Kecamatan Taman, Sidoarjo, terbakar. Gudang seluas 4 hektar yang terbakar ini dijadikan bengkel truk dan ditumbuhi ilalang.

Kebakaran gudang milik H.Ahmad Saleh ini dilaporkan sekitar pukul 04.30 WIB, Selasa (29/8/2017). Saat itu salah satu karyawan gudang, Efendi (45) sedang membakar sampah. Tiba-tiba apinya terbang ditiup angin dan membakar ilalang kering di sekitar lokasi.

“Saya panik dan membangunkan teman-teman. 3 Tangki air saya keluarkan untuk memadamkan api tapi, api langsung membakar semua ilalang di gudang,” kata Efendi kepada detikcom di lokasi.

Khawatir kebakaran meluas hingga ke bengkel, Efendi menghubungi PMK Pemkab Sidoarjo. “Iya, yang terbakar ilalang kering saja, tidak sampai menyebar ke bengkel. Gara-gara bakar sampah dan akhirnya menyebar,” kata seorang petugas PMK Waru, Kodin (58) kepada detikcom di lokasi.

Kodin menjelaskan, 1 unit mobil damkar dan 1 kendaraan rescue diterjunkan untuk memadamkan api. Api padam sekitar pukul 06.30 WIB. “Dua jam dilakukan pemadaman, sekarang sudah selesai. Beruntung gudangnya dikeliling pagar tembok, jadi tidak sampa menyebar,” jelas Kodin.

Dia mengimbau agar warga sekitar tidak membakar sampah atau membuang putung rokok sembarangan. Sebab musim kemarau ini rawan kebakaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *