Gajah di India Tertangkap Kamera Sedang ‘Merokok’

Seekor gajah di India tertangkap kamera tengah melakukan aktivitas tak biasa. Gajah betina itu terlihat sedang ‘merokok’ dan mengeluarkan asap dari mulutnya.

Dikutip dari website Wildlife Conservation Society, Jumat (23/3/2018), aktivitas gajah tersebut tertangkap kamera Asisten Direktur Wildlife Conservation Society’s (WCS)-India Program, Vinay Kumar. Video Kumar yang diletakkan di Taman Nasional Nagarahole itu membuat banyak orang garuk-garuk kepala.

Kamera tersebut awalnya dipasang untuk mengamati tingkah laku harimau dan mangsanya. Kamera tersebut merupakan bagian dari proyek jangka panjang.

Dalam video tersebut tampak gajah mengambil abu dengan belalainya, menutup mulutnya dan meniupkannya kembali sehingga mengeluarkan asap.

“Saya percaya gajah itu mungkin telah mencoba menyerap arang kayu (charcoal),” kata ilmuwan WCS sekaligus ahli biologi gajah, Dr Varun Goswami.

“Dia tampaknya mengambil potongan-potongan dari dasar hutan, meniup abu yang menyertainya, dan memakan sisanya,” jelasnya.

Charcoal memiliki sifat mengikat seperti racun namun dapat memberi nilai obat. Charcoal juga bisa berfungsi sebagai pencahar.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *