Eks Karyawan Gasak Uang Rp 46 Juta di Indomaret Bandung

Bandung Unit Reskrim Polsek Bojongloa Kidul meringkus seorang pemuda pelaku pembobolan brankas uang di sebuah minimarket di Bandung. Pemuda bernama Asep Nurjaman (23) itu menggasak uang hingga Rp 46 juta dari minimarket yang juga bekas tempat kerjanya itu.

Pembobolan yang dilakukan Asep berlangsung pada Sabtu (29/7) sekitar pukul 01.30 WIB. Asep tibatiba datang ke bekas tempat kerjanya di Indomaret Jalan Mekar Utama, Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jabar.

“Pelaku datang saat toko belum tutup. Dia langsung meminta izin untuk ke kamar mandi di lantai atas,” ucap Kapolsek Bojongloa Kidul Kompol Rizal Jatnika di Mapolsek Bojongloa Kidul, Jalan Peta, Kota Bandung, Jabar, Senin (31/7/2017).

Saat pelaku naik ke lantai dua, pelaku bukan ke kamar mandi. Ia malah membuka jendela lantai dua minimarket tersebut.

“Dia memang sudah ada niat dari awal. Jendela yang dibuka itu untuk memudahkan pelaku masuk. Nah setelah toko tutup, pelaku masuk dengan cara memanjat pipa paralon,” kata Rizal.

Setelah berhasil masuk, pelaku langsung menuju ke tempat brankas. Lantaran pelaku bekas karyawan di minimarket tersebut, pelaku pun dengan mudah membuka brankas dan langsung menggasak uang senilai Rp 46 juta.

“Dia bekas karyawan di sana. Jadi dia tahu nomor brankasnya. Dia juga sudah mengerti wilayah tersebut,” tuturnya.

Unit Reskrim Polsek Bojongloa Kidul yang mendapatkan informasi tersebut, langsung melakukan pengejaran. Kurang dari 24 jam, pelaku berhasil diciduk di tempat persembunyiannya di kawasan Cicalengka.

Berdasarkan pengakuannya, kata Rizal, aksi tersebut dilakukan untuk memperkaya diri sendiri. “Motifnya untuk keperluan dia saja. Tapi kita masih dalami kemungkinan terlibat jaringan lain,” tuturnya.

Saat ini, Asep sudah ditahan di Mapolsek Bojongloa Kidul. Ia dijerat Pasal 363 tentang pencurian dengan pemberatan. Ancaman hukumannya di atas 5 tahun penjara.