Dunia Mengecam, Museum De Arca Yogya Akhirnya Copot Patung Hitler

Seusai banyak menerima kecaman dari media internasional karena memajang patung Adolf Hitler, pihak mMuseum De Arca Yogya akhirnya mencopot patung tersebut. Kini patung Hitler tak bisa ditemui lagi di museum ini.

“Setelah mendapatkan pemberitaan di (media) internasional, asosiasi dari HAM, kami menerima tanggapan pihak tersebut dengan baik,” ujar Operations Manager Museum De Arca Yogya, Jamie Misbah saat ditemui detikcom di museum, Sabtu (11/11/2017).

“Kami sudah memenuhi permohonan dari pihak tersebut untuk meremove patung Hitler per tanggal 10 (November 2017) malam kemarin. Jadi dari kemarin malam dan hari ini sudah tidak bisa ditemukan patung Hitler di museum kami,” imbuhnya.

Misbah menjelaskan, sebenarnya patung Hitler sudah ada di Museum De Arca ini sejak museum ini didirikan pada Desember 2014 lalu. Namun sejak berdiri tidak ada protes dan kecaman yang diterima pihak museum atas keberadaan patung tersebut.

 

“Mungkin karena semakin banyak orang mengetahui museum kami, sehingga ada pihak terkait yang melihat ternyata (ada patung Hitler). Intinya dari kami selaku pihak managemen menerima dengan tangan terbuka (kritikan tersebut),” ulasnya.

Menurut Misbah, tidak ada tujuan tertentu dari pihak pengelola museum dalam menghadirkan patung Hitler. Dipajangnya patung Hitler, kata Misbah, lebih karena pihak museum ingin memberikan nilai edukasi sejarah kepada para pengunjung.

“Intinya dari kami ingin cepat selesai. Maksudnya kalau memang ada yang keberatan kurang berkenan, ya sudah kami (copot),” tutupnya.