Dua ABK KM Bintang Sinar Rejeki yang Hilang Ditemukan Selamat

Dua ABK KM Bintang Sinar Rejeki yang sempat hilang dalam kecelakaan di Perairan Demak Kecamatan Wedung berhasil ditemukan dalam kondisi selamat. Keduanya adalah Sutomo dan Bahrudin yang merupakan bapak dan anak asal Pekalongan.

Keduanya berhasil ditemukan mengapung di tengah laut oleh petugas. Kemudian dievakuasi menggunakan TB Nayaka II. Saat ini, keduanya dibawa ke Jepara.

Koordinator Basarnas Pos SAR Cabang Jepara, Whisnu Yugo Utomo menuturkan bahwa kedua korban ditemukan oleh TB Nayaka II pada pukil 06.30 WIB.

“Dari informasi, keduanya melambaikan tangan saat TB Nayaka II tidak jauh dari keberadaan korban. Penemuan tersebut diinformasikan kepada Basarnas, dan langsung dilakukan penjemputan,” ujar Whisnu kepada detikcom lewat ponselnya, Jumat (23/3/2018)

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara, Arwin Noor Isdiyanto menuturkan bahwa kedua korban dalam kondisi lemas.

“Kondisinya lemas, tapi ditemukan selamat dan berhasil dievakuasi,” paparnya.

Dikatakannya, KM Bintang Sinar Rejeki dengan 29 ABK berangkat pada rabu (21/3/18) dari Pekalongan. Kapal tersebut mengalami kerusakan mesin saat berada di perairan Wedung Demak pada Kamis dini hari.

Kapal nelayan yang hendak menuju Banyuwangi tersebut dihantam ombak dan menyebabkan kapal dipenuhi air dan akhirnya tenggelam di perairan Jepara, tepatnya 17 mil dari utara PLTU Karang Jati.

Dari 29 ABK, 17 berhasil diselamatkan KM Jasa Samudra dan dibawa ke Karimunjawa, 10 ABK berhasil diselamatkan nelayan Pailus Jepara, sedangkan 2 lagi hanyut terpisah.

“Kedua ABK yang berhasil diselamatkan tersebut dalam keadaan sehat dan stabil. Mereka sudah bisa diajak komunikasi,” tandasnya.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *