Diterjang Badai Harvey, Terancam Ledakan Kimia

Texas Tidak hanya dievakuasi karena banjir, warga Texas, Amerika Serikat (AS), juga terpaksa dievakuasi karena sebuah pabrik kimia rawan meledak. Bahan kimia yang ada di pabrik penghasil peroksida organik itu bisa memicu kebakaran yang berujung ledakan besar.

Dituturkan pemilik pabrik itu, Arkema SA, seperti dilansir Reuters dan AFP, Rabu (30/8/2017), situasi di pabrik yang ada di Crosby, Texas semakin serius sehingga seluruh staf harus dievakuasi. Insiden ini terjadi pada Selasa (29/8) waktu setempat, saat Texas tengah dilanda banjir.

“Untuk saat ini, kami menyakini tidak ada ancaman bahaya mendesak, namun potensi terjadinya reaksi kimia yang memicu kebakaran dan ledakan di dalam kompleks itu sungguh nyata,” demikian pernyataan pihak Arkema SA.
Peroksida organik yang diproduksi di pabrik itu biasa digunakan dalam proses pembuatan plastik. Produkproduk yang ada di kompleks pabrik itu harus disimpan dalam lemari pendingin. Namun aliran listrik terputus akibat hujan deras yang dibawa badai Harvey sejak pekan lalu.

Generator cadangan pada pabrik itu juga tidak bisa digunakan karena tergenangi banjir. Dalam kondisi itu, sejumlah bahan kimia yang ada di pabrik itu berpotensi memicu reaksi yang berbahaya, termasuk kebakaran yang memicu ledakan dan asap pekat.

“Sebagai langkah perlindungan, Harris County mengevakuasi seluruh warga dalam jangkauan 1,5 mil (2,4 kilometer) dari fasilitas Arkema,” demikian pernyataan Kantor Dinas Pemadam Kebakaran Harris County via Twitter. Tidak diketahui pasti jumlah warga yang dievakuasi dari lokasi itu.

“Ada potensi terjadinya reaksi kimia yang memicu kebakaran di fasilitas tersebut, yang bisa menghasilkan sejumlah besar asap pekat,” imbuh pernyataan itu, mengutip pernyataan pihak Arkema.

Ditambahkan Arkema dalam pernyataannya, bahwa bahanbahan kimia di pabrik itu telah dipindahkan ke sebuah kontainer pendingin bertenaga diesel. Namun beberapa kontainer pendingin itu juga mulai terancam karena banjir yang cukup tinggi. Pihak Arkema terus memantau suhu udara dalam setiap kontainer pendingin tersebut.

Crosby berjarak 40 kilometer dari Houston yang kini tengah dilanda banjir parah. Banjir yang dipicu hujan deras serta angin kencang yang dibawa badai Harvey itu, memaksa sedikitnya 19 ribu orang mengungsi. Ribuan orang lainnya masih dalam proses evakuasi.
Sejauh ini, total 13 orang tewas dalam berbagai insiden yang dipicu badai Harvey, serta banjir yang disebabkannya. Salah satu korban tewas adalah seorang wanita yang menggendong bayinya di tengah arus yang deras. Wanita ini ditemukan tewas tersapu banjir di Beaumont, Houston bagian timur laut. Namun ajaib, bayinya berhasil selamat.