Diskusi Zaman Now, Gus Ipul: Saatnya Pemerintahan Kolaboratif

Pemerintah di zaman now tidak boleh lagi menutup diri pada berbagai inisiatif dan terobosan yang datang dari publik.

Disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) saat berkumpul bersama sejumlah anak muda inspiratif “Cangkrukan Cari Terobosan” untuk mengisi Hari Pahlawan di Aiola Canteen, Jl Slamet, Surabaya, Jumat (10/11/2017).

“Sekarang tak boleh lagi pemerintah, termasuk pemerintah daerah, jalan sendiri, sedangkan publik jalan sendiri. Inovasiinovasi sosial yang datang dari inisiatif publik harus didukung pemerintah, sehingga di Jatim ini bisa kita wujudkan pemerintahan kolaboratif,” terang Gus Ipul dalam keterangan tertulisnya.

Gus Ipul menambahkan, saat ini zaman sudah berubah. Kepahlawanan muncul dari inovasi sosial untuk menyelesaikan masalah di masyarakat.

“Kalau bicara pahlawan, coba bayangkan berapa ribu pedagang rujak cingur dan nasi bebek yang penghasilannya naik garagara Gojek ini? Bahkan di Banyuwangi, Gojek sampai bisa membantu mengantar obat ke rumah warga miskin,” jelas Gus Ipul.

Gus Ipul melihat, di Jawa Timur banyak anak muda hebat yang berpotensi untuk melahirkan terobosanterobosan yang membawa manfaat bagi masyarakat. Pemerintah di masa sekarang dan mendatang wajib kolaborasi dengan gagasangagasan anak muda yang kreatif.

“Saya kira ini tinggal dikoneksikan. Saya senang sekali jika pemerintahan kolaboratif seperti ini terwujud terus, ujungnya yang disenangkan adalah masyarakat,” kata Gus Ipul.