Dishub Surabaya Akan Gandeng Swasta Bangun Parkir Modular

Dinas Perhubungan Surabaya akan menggandeng swasta untuk membangun modular parking atau parkir bertingkat. Ini untuk mengatasi parkir di badan jalan.

Menurut Kepala Dishub (Kadishub) Kota Surabaya Irvan Wahyudrajat, dengan penerapan modular parking dapat memenuhi kebutuhan parkir di kota Pahlawan.

“Modular sendiri tidak butuh lahan banyak apalagi di kota Surabaya lahannya telah menyempit dengan banyaknya pembangunan,” katanya, Jumat (3/11/2017).

Irvan mengatakan, sistem modular tersebut telah diterapkan di negaranegara Eropa, Amerika dan Jepang. Untuk Indonesia sendiri sudah dipakai di RSCM Jakarta.

“Bu Wali saat ke luar negeri melihat jika sistem modular tersebut bagus untuk parkir bagi negara yang memiliki kendaraan jumlah besar. Apalagi Surabaya sekarang banyak penduduknya mempunyai mobil,” imbuhnya.

Dishub Surabaya sendiri juga akan mengusulkan ke Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) untuk membuat modular parkir tersebut. Direncanakan akan dibangun di kawasan Urip Sumoharjo dan Kertajaya.

“Bila ada pihak swasta turut mengelola parkir tersebut maka akan berlaku pajak parkir,” pungkas Irvan.