Dikecam karena Pakai Jet Sewaan Saat Dinas, Menkes AS Mundur

Menteri Kesehatan Amerika Serikat (AS) Tom Price mengundurkan diri terkait skandal penggunaan jet sewaan saat perjalanan dinas. Pengunduran diri ini diputuskan di bawah tekanan Presiden AS Donald Trump yang mengakui kecewa atas perilaku Price.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Sabtu (30/9/2017), pengunduran diri Price diumumkan sekitar satu jam setelah Trump menuturkan kepada wartawan bahwa dirinya kecewa pada Price dan mengaku tidak senang dengan dampak perilaku Price pada pemerintahannya.

“Menteri Kesehatan dan Layanan Publik Thomas Price mengajukan pengunduran dirinya hari ini dan presiden menerimanya,” terang Gedung Putih dalam pernyataannya pada Jumat (29/9) waktu AS. Price (62) yang mantan dokter bedah tulang dan mantan anggota parlemen untuk Georgia ini, tercatat sebagai pejabat paling senior yang mundur dari pemerintahan Trump sejauh ini.

Secara keseluruhan, seperti dilaporkan media AS Politico, Price terbang dengan jet sewaan dalam 26 perjalanan dinas terpisah sepanjang tahun ini. Perjalanan dinas dengan jet sewaan itu disebut menghabiskan dana hingga US$ 400 ribu (Rp 5,3 miliar).

Departemen Kesehatan dan Layanan Publik (HHS) yang dipimpin Price melakukan penyelidikan internal terhadap kasus ini. Hasil penyelidikan awal menyebut, seluruh perjalanan Price dengan jet sewaan itu bertujuan untuk urusan pemerintahan. Namun ada beberapa penerbangan dengan tujuan ke tempattempat Price memiliki properti atau tempat dia menemui kerabatnya.

Dalam surat pengunduran dirinya, Price hanya sedikit menyiratkan penyesalan atas perilakunya. Dia menyebut dirinya telah bekerja keras untuk mereformasi sistem layanan kesehatan AS dan mengurangi beban regulasi pemerintah.

“Saya telah menghabiskan waktu 40 tahun baik sebagai dokter juga pelayan publik yang mengutamakan rakyat. Saya menyesali bahwa peristiwaperistiwa terbaru ini telah mengalihkan perhatian dari tujuantujuan lainnya,” ucap Price.

Pada Kamis (28/9) waktu setempat, Price berjanji akan mengganti biaya penerbangan dengan jet sewaan itu. “Para wajib pajak tidak akan membayar sepeser pun untuk kursi saya di pesawat itu,” tegasnya.

Namun tampaknya hal itu tidak memuaskan Trump. Dia menilai, anggapan publik terhadap kasus Price ini berdampak buruk bagi pemerintahannya.

Trump menunjuk Don Wright sebagai pelaksana tugas Menkes AS untuk sementara. Wright saat ini menjabat Wakil Menkes dan Direktur Kantor Pencegahan Penyakit dan Penegakan Kesehatan. “Saya tidak senang. Oke? Saya tidak senang,” ucap Trump kepada wartawan di Gedung Putih.