Dikecam Dunia karena Pajang Hitler, Museum Patung di Yogya Minta Maaf

Museum De Arca Yogyakarta mendapat banyak kecaman karena memajang patung Hitler. Untuk itu, pihak museum menyampaikan permintaan maafnya.

“Saya mewakili management meminta maaf kepada pihak yang merasa dirugikan,” kata Operations Manager Museum De Arca, Jamie Misbah saat ditemui detikcom di museum, Sabtu (11/11/2017).

Misbah menegaskan, tidak ada maksud buruk dari pihak museum dalam memajang patung Hitler. Pihaknya juga tidak bermaksud menyinggung pihakpihak yang berkepentingan dan yang merasa dirugikan apabila sosok Hitler ditampilkan.

Menurutnya, sejak Museum De Arca berdiri pada Desember 2014, sudah ada sosok patung Hitler yang dipajang. Oleh karenanya, pihaknya menyayangkan kenapa sejak berdiri tidak ada yang memprotes keberadaan patung tersebut.

“Karena yang sedikit kami sayangkan juga, tidak ada informasi dari pihak tersebut (yang berkeberatan) kepada kami. Apabila sebelumnya disampaikan secara internal ya mungkin kami bisa lebih cepat mengambil tindakan,” ucapnya.

Meski demikian, Misbah menjelaskan jika pihak managemen menerima dengan tangan terbuka atas kritik yang diterima pihak museum.

“Ke depannya jelas kami akan lebih mempertimbangkan kembali mengenai patung yang mungkin impactnya akan berpengaruh. Maksudnya ada keterkaitan dengan pihak tertentu, sehingga kurang berkenan. Mungkin (ke depannya) kami akan mempertimbangkan lebih baik lagi,” kata Misbah.

Dari banyak pihak yang melemparkan kritik, salah satunya adalah Human Rights Watch. Menurutnya patung dan latar belakang berbau Nazi itu sebagai hal yang memuakkan. Sementara para sejarawan menyalahkan lemahnya pembelajaran di sekolahsekolah Indonesia yang memicu kurangnya kesadaran dan kepekaan soal Holocaust.

Media asing lainnya, International Business Times mengulas kecaman internasional itu dengan artikel berjudul Selfie With Hitler: Nazi Display At Indonesia Museum Sparks Outrage. Sedangkan media Inggris, Daily Mail, membahasnya dalam artikel berjudul Outrage after Indonesian waxwork museum encourages visitors to pose for selfies with HITLER in front of gates of Auschwitz.

Japan Times membahasnya dalam artikel berjudul Indonesian museums fun Nazi display brings outrage. Tak ketinggalan media Rusia, RT atau Russian Times, juga memberitakan hal ini dalam artikelnya berjudul: Pose with Hitler?! Indonesian museum offers happy snaps in front of Auschwitz display for fun.