Diduga Menipu, Empat Warga Iran Diamankan Polisi

Pati Empat orang berstatus warga negara Iran diamankan Kepolisian Resor (Polres) Pati, Jawa Tengah. Mereka diduga melakukan penipuan.

Mereka ditangkap pada hari Minggu (13/8/2017) pukul 04.00 WIB di sebuah hotel di Kabupaten Rembang. Mereka melakukan penipuan di Kecamatan Juwana, Pati.

Empat orang pelaku itu terdiri dari tiga orang pria dan satu orang wanita. Mereka diantaranya berinisial Bz (52), Fz (31), Fd (26), dan Zh (49).

Dalam melancarkan aksinya, para pelaku mendatangi sejumlah toko handphone di sekitar Juwana, Pati. Diduga, pelaku menggunakan cara hipnotis untuk menggasak sejumlah barang berharga milik korban.

Kanit Reskrim Polsek Juwana, Iptu Suwarno mengatakan ada dua orang yang melapor menjadi korban atas tindakan kawanan pelaku tersebut. Total kerugian senilai Rp 21 juta.

“Korban pertama yakni Adi Sulistya pemilik konter HP Pusat Phone di Desa Pajeksan, Kecamatan Juwana mengalami kerugian sekira Rp 5 juta, dan korban kedua yaitu Kasmijah di Pasar Porda Juwana mengalami kerugian senilai Rp 16 juta,” ungkap Suwarno di Mapoksek Juwan, Minggu (13/8/2017) siang.

Dalam pelaporannya, Adi mengaku ditelepon karyawannya yang bernama Nurika, menceritakan bahwa dirinya telah ditipu dengan cara dihipnotis yang dilakukan oleh dua orang yang datang di konter HP milik Adi.

“Karyawan telepon. Dia cerita bahwa dia dihipnotis oleh dua orang yang datang di konter hp Pusat Phone miliknya hingga tidak sadarkan diri,” ungkap Adi.

Polisi kemudian melakukan pengejaran. Dari tangan pelaku, polisi mengamankan barang bukti berupa satu unit mobil Avanza nopol B 1904 PIA, uang tunai yang diduga hasil tindak kejahatannya senilai Rp 17.335.000.