Di Magetan, Salat Tarawihnya Bisa Sampai 8 Jam

Magetan – Rekor salat tarawih tercepat boleh saja dipegang oleh jamaah Ponpes Mamba’ul Hikam di Kabupaten Blitar, yaitu 23 rakaat dalam waktu kurang dari 10 menit. Namun di Magetan ternyata juga ada yang melaksanakan salat tarawih dengan durasi terpanjang, yaitu mencapai 8 jam.

Kabar tentang jamaah salat tarawih selama 8 jam ini muncul pertama kali di situs YouTube dengan judul ‘Tarawih Terlama 8 Jam Temboro’. Video ini diunggah oleh akun YouTue, Barokfury Adja.

Video ini sebenarnya sudah lama diunggah, yaitu pada tanggal 20 Juni 2017 silam, namun belakangan video ini viral kembali karena bertepatan dengan bulan Ramadan.

Dalam video tersebut terlihat sejumlah orang yang tengah salat tarawih berjamaah. Dari keterangan yang tertulis dalam video diketahui bahwa salat tarawih 8 jam ini berlangsung di Ponpes Al Fatah, Desa Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan.

“Anda mungkin pernah dengar tarawih tercepat 23 rakaat 7 menit, nah … ada juga nih tarawih terlama 23 rakaat 1 jam, 2 jam, 3 jam, 5 jam, bahkan 7-8 jam,” tulisnya.

Ternyata yang membuat durasi salat tarawih ini menjadi panjang adalah bukan karena jumlah rakaatnya, melainkan panjangnya bacaan yang digunakan.

Bahkan dari video yang sama juga diklaim bahwa setiap masjid dan mushola yang ada di Desa Temboro rata-rata melaksanakan salat tarawih sebanyak 23 rakaat dengan bacaan Al Quran 1 juz. Jika bacaannya hanya 1 juz, maka durasi yang dihabiskan untuk salat biasanya berkisar 1 jam.

Tetapi ada pula yang menggunakan 3 juz, 5 juz, 10 juz hingga 30 juz. Untuk salat yang menggunakan 3 juz, durasinya sepanjang 2 jam; 5 juz 3-4 jam, 10 juz 5 jam; dan 30 juz berkisar antara 7-8 jam.

Hingga berita ini diturunkan, video berdurasi 3 menit 16 detik itu telah ditonton sebanyak 122.225 kali. Penasaran?

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *