Di Balik Tumpukan Sampah, Ada Kawasan Mangrove Cantik di Muara Angke

Tumpukan sampah mengotori Teluk Jakarta, Muara Angke, Jakarta Utara. Tak jauh dari lokasi tersebut, ada kawasan hijau yang ditanami pohon bakau (mangrove).

Kawasan mangrove ini berlokasi persis di samping tumpukan-tumpukan sampah. Di kawasan yang luasnya 1,5 hektare ini, ditemui hamparan tanaman
hijau.

Ketua Komunitas Mangrove Muara Angke, Risnandar, mengatakan ada sebanyak 27 ribu pohon yang tumbuh di kawasan ini yang terdiri dari berbagai jenis seperti pohon bakau, api-api, pidada, dan nipah.

“Tahun 2008 kita sama kawan komunitas mangrove mulai mengusulkan ide dibuatnya kawasan hutan mangrove ini. Dulu lahan tidur yang notabennya sampah juga,” ujarnya di lokasi, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu

Saat memasuki kawasan mangrove lebih dalam, ada 3 saung kecil dan rumah edukasi. Selain itu juga terdapat empat tambak ikan yang dibudidayakan masyarakat sekitar.

“Ada empat tambak namanya tambak budi daya ikan, satu kolam lima kepala keluarga yang ngerawat. Ikannya itu nila merah, nila hitam, dan gurame. Kurang lebih 15.000 ekor,” ucap pria yang juga menjabat sebagai Ketua Karang Taruna Kelurahan Pluit.

Saat ini masyarakat sekitar sudah panen ikan sebanyak empat kali. Hasilnya pun diperuntukkan warga yang merawat.

“Ikan mulai ada tahun 2015 jadi biasanya kalo panen dijual di tempat pelelangan ikan hasilnya dipotong buat bibit, (panennya) per empat bulan. Sampe sekarang udah empat kali panen,” tutur Risnandar.

Dia menuturkan tujuan dibangunnya kawasan hutan mangrove ini untuk mengembalikan kembali tanaman mangrove di pesisir pantai Jakarta Utara. Rencananya ia akan mengembangkan mangrove ini sampai pesisir laut Marunda.

“Tujuannya kita mengembalikan ekosistem laut, ini kan tanaman pesisir jangan sampai punah,” ucapnya.

Risnandar mengatakan kawasan hutan mangrove ini sudah pernah mendapat penghargaan masyarakat peduli persampahan tingkat provinsi DKI Jakarta. Sebab, hutan Manggrove ini berhasil tumbuh di atas tumpukan sampah.

“Belum lama juga kita dapet pernghargaan dari Pak Anies, jadi ke depannya kita mau kembangin lagi tanaman mangrove ini,” tutupnya

Sebagaimana diketahui, di kawasan Teluk Jakarta terdapat tumpakan sampah. Sebanyak 100 petugas membersihkan sampah ini sejak pukul 09.00 WIB tadi.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *