Desa di Banyuwangi Perbatasan Situbondo Dilanda Kekeringan

Sejumlah desa di wilayah Kecamatan Wongsorejo Banyuwangi, mengalami kekeringan. Kecamatan paling ujung utara Kabupaten Banyuwangi ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Situbondo.

Di daerah ini, jarang turun hujan meski di berbagai daerah wilayah Kota Banyuwangi maupun Selatan masih turun hujan, dalam beberapa bulan terakhir. Hal ini diakibatkan hampir seluruh wilayah Kecamatan Wongsorejo dikelilingi pegunungan. Sehingga sering terjadi kekeringan yang berkepanjangan.

Seluruh desa yang mengalami kekeringan tersebut berada di lereng pegunungan yang berjarak kurang lebih 13 Km dari pusat Kecamatan Wongsorejo.

“Di antaranya, di wilayah Desa Bangsring, Bongkorang, Desa Sidowangi,” ujar Camat Wongsorejo Banyuwangi, Sulistiyowati, Sabtu (2/8/2017).

Sulistiyowati menambahkan, selain sudah memasuki musim kemarau, kekeringan di wilayahnya ini juga diakibatkan kendala sumur bor rusak yang telah dipasang di beberapa titik lahan pertanian maupun pemukiman warga.

Untuk mengatasi kondisi ini, Sulistiyowati mengaku sudah meminta bantuan pengiriman air kepada pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi. “Tapi sampai saat ini belum juga ada pengiriman air,” tambahnya.

Beruntung, ada pihak perkebunan Selogiri yang berada tidak jauh dari pemukiman penduduk, bersedia memberikan bantuan suplai air kepada warga. Sehingga kondisi ini dinilai bisa mengurangi beban warga.

“Untuk masyarakat yang berada di pedalaman Desa Bangsring, mereka harus mengambil air bersih di kawasan perkebunan Selogiri sejauh belasan kilometer dari pemukiman penduduk,” jelas Sulistiyowati.

Kecamatan Wongsorejo ini merupakan ujung utara dari wilayah Kabupaten Banyuwangi yang terdapat 12 desa. Struktur tanah di kawasan Kecamatan Wongsorejo ini berbeda dengan kecamatan lainnya di Banyuwangi dengan curah hujan yang lebih kecil. Kawasan ini kurang produktif untuk usaha pertanian, oleh karena itu peruntukan kawasan ini untuk industri dan peternakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *