Demo Tolak Bandara Kulon Progo, Mahasiswa Orasi dan Blokir Jalan

Massa dari mahasiswa jaringan solidaritas Aliansi Tolak Bandara Kulon Progo kembali berdemo di depan kantor PT Angkasa Pura (AP) I Yogyakarta siang ini. Aksi ini diwarnai dengan saling dorong dengan petugas keamanan dan blokir jalan.

Massa berdemo sejak pukul 10.00 WIB, Sabtu (9/12/2017). Peserta aksi bergantian berorasi penolakan proyek pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulon Progo.

Sempat kondusif, tibatiba aksi demo diwarnai saling dorong antara massa dengan petugas keamanan AP I Yogya. Akibatnya pintu gerbang kantor AP I Yogya rusak.

Massa lantas memblokir sebagian ruas jalan arah SoloYogya. Tak pelak, kemacetan panjang terjadi di ruas jalan sekitar Bandara Internasional Adisutjipto yang berada tak jauh dari lokasi demo.

Hingga berita ini ditulis, massa masih memblokir jalan dan berorasi di tengah jalan. Massa memblokir ruas jalan yang berada tepat di depan kantor PT API I di Jalan Raya Solo KM 9. Sehingga arus lalu lintas dari arah timur menuju Kota Yogyakarta tersendat. Personil dari AP I, kepolisian, dan TNI tampak berjaga di lokasi demo.

“Kita aksi solidaritas terhadap nasib warga di Kecamatan Temon, Kulon Progo, yang terdampak proyek bandara. Tolak proyek NYIA dan hentikan penggusuran terhadap warga Kulon Progo,” kata koordinator aksi, Pram.