Demo di Depan Kedubes Saudi Selesai, Massa Membubarkan Diri

Usai berdemonstrasi sekitar tiga jam di depan Kedubes Arab Saudi, massa aktivis mulai membubarkan diri. Sebelum membubarkan diri massa serentak membacakan pernyataan sikapnya.

“Untuk menutup aksi hari ini mari kita sampaikan tuntutan kita agar pemerintah menghapus hukuman mati di Indonesia agar kita dapat perjuangkan TKI kita. Mari kita bacakan pernyataan sikap kita,” kata orator di depan kantor Kedutaan Besar Arab Saudi untuk RI di Jl HR Rasuna Said, Jaksel, Selasa (20/3/2018).

Tiga pernyataan sikap ini dibacakan massa secara bersamaan sebelum membubarkan diri, Tiga pernyataan sikap itu yaitu satu, mengecam dan mengutuk eksekusi hukuman mati terhadap Muhammad Zaini Misrin. Eksekusi tersebut merupakan bentuk pelanggaran hak asasi manusia yang paling dasar yaitu hak atas hidup.

“Yang kedua yaitu menuntut pemerintah Indonesia untuk mengeluarkan nota protes diplomatik kepada Kerajaan Saudi Arabia. Ketiga, mendesak pemerintah Indonesia untuk mengerahkan sumber daya politik dan diplomasi untuk mengupayakan pembebasan ratusan buruh migran yang terancam hukuman mati di seluruh dunia dan melakukan moratorium pelaksanaan hukuman mati di Indonesia sebagai komitmen moral menentang hukuman mati terhadap siapapun,” kata massa demgan serentak.

Pukul 11.40 WIB massa sudah berhenti berorasi dan mengakhiri aksi demonstran. Massa juga terlihat mulai membubarkan diri.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *