Dana Parpol Naik 10 Kali, Novanto: Semoga Tanggung Jawab

Ketua DPR Setya Novanto mengapresiasi pemerintah yang menyetujui kenaikan dana partai politik sampai 10 kali lipat. Meski demikian, Novanto berharap partai politik dapat bertanggung jawab atas dana itu.

“Ya ini mudahmudahan sekarang dengan adanya kenaikan daripada dana parpol, ini tentu akan memberikan gairah baru ya, karena (kenaikan) dana parpol ini tentu saya memberikan apresiasi kepada pemerintah, dari Rp 108 menjadi Rp 1.000,” ujar Novanto di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (29/8/2017).

Dengan kenaikan dana ini, Novanto menyebut partai politik dapat menggunakannya untuk pendidikan politik dan sebagainya, tentunya dengan tanggung jawab. Kinerja parpol dengan kenaikan dana ini, kata Novanto, dapat lebih maksimal.

“Sehingga saya selaku Ketua DPR berharap semua parpol bisa mempertanggungjawabkan dengan melakukan adanya konsolidasi, dan juga pendidikanpendidikan. Dan juga melakukan halhal yang dilakukan oleh partaipartai ini bisa maksimal,” sebut Ketua Umum Golkar ini.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati telah menyetujui kenaikan dana bantuan partai politik. Kenaikan dana parpol ini salah satunya didasari rekomendasi dari KPK.

“KPK lebih besar sedikit, yakni Rp 1.071 per suara sah. Tapi kita sudah evaluasi. Dulu per setiap suara sah hanya dinilai Rp 108 perak, sekarang naik jadi Rp 1.000,” beber Sri Mulyani dalam acara Workshop Nasional Perempuan Legislatif Partai Golkar di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (27/8).