Curah Hujan Tinggi, BPBD DIY Imbau Hulu Sungai di Merapi Diwaspadai

Curah hujan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masih akan berlangsung hingga Januari 2018. BPBD DIY meminta semua pihak mewaspadai hulu sungai di Gunung Merapi.

“Memasuki curah hujan pada bulan Januari ini, tolong hulunya Merapi di waspadai. Terbukti kemarin ada backhoe klelep,” kata Plt Kepala BPBD DIY Krido Suprayitno kepada wartawan di kantor Gubernur DIY, Jalan Malioboro, Yogyakarta Kamis (21/12/2017).

Krido menjelaskan curah hujan yang sebelumnya tinggi di wilayah Kulon Progo, Bantul, Gunungkidul, dan Kota Yogyakarta, kini juga terjadi di Sleman. Menurutnya sudah saatnya melakukan mitigasi dini di Sleman.

Hingga saat ini DIY masih dalam masa tanggap darurat hingga 28 Desember 2017 mendatang. Sehingga untuk penanganan dampak bencana seperti tanggul jebol masih menggunakan surat edaran Gubernur agar Bupati/ Walikota sampai dengan akhir Desember mengoptimalkan APBD masing-masing baik masa tanggap darurat atau masa transisi.

“Kita akan lakukan monitoring dan evaluasi tanggal 27 besok terhadap daerah terdampak, apakah ada kebijakan baru atau kebijakan lain,” lanjutnya.

Sedangkan tentang persiapan menjelang libur akhir tahun, dia mengimbau setiap otoritas pengelola objek wisata lebih aktif dan informatif pada wisatawan. Misalnya soal imbauan tak berenang di laut dan tebing-tebing rawan longsor.

“Harus aktif, secara tertulis dan langsung, imbauan misal jika ketinggian lebih 3 meter tidak usah merapat di tebing-tebing laut karena rawan longsor,” kata Krido.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *