Cuaca Buruk, Sekolah-sekolah di Makkah dan Jeddah Diliburkan

Sekolahsekolah dan universitasuniversitas di wilayah Makkah, Arab Saudi diliburkan hari ini dikarenakan adanya perkiraan kondisi cuaca yang buruk.

Direktorat Jenderal Pendidikan di Makkah menyatakan seperti dilansir media Arab News, Selasa (21/11/2017), keputusan untuk meliburkan sekolah dan universitas tersebut adalah demi keselamatan para siswa.

Sebelumnya, bulletin yang dikeluarkan badan cuaca, Otoritas Umum Meteorologi dan Perlindungan Lingkungan Hidup pada Senin (20/11) waktu setempat, mengingatkan adanya cuaca buruk di sejumlah wilayah Saudi, dengan badai pasir bertiup di seluruh Qassim dan bagian barat wilayah Riyadh.

Secara terpisah, pejabatpejabat pendidikan di Jeddah dan Taif juga mengeluarkan pengumuman penutupan sementara sekolahsekolah di semua tingkat berdasarkan bulletin otoritas cuaca. Dalam bulletin itu disebutkan seperti dilansir kantor berita resmi Saudi, SPA, hujan dan badai diperkirakan akan melanda wilayah Madinah dan Makkah, termasuk daerahdaerah pantai serta pegunungan wilayah Jazan, Asir dan Baha.

Disebutkan badan cuaca Saudi, hujan deras dan sedang yang disertai dengan badai pasir dan debu juga diperkirakan akan melanda wilayah Tabuk, Perbatasan Utara, Al Jouf dan Hail. Terkait perkiraan turunnya hujan lebat, Direktorat Pertahanan Sipil menyerukan semua warga untuk menjauh dari tempattempat yang biasanya terendam banjir dan tidak berada di dekat tepitepi sungai.

Sebelumnya pada tahun 2009, hujan lebat memicu bencana banjir dahsyat yang melanda Jeddah dan menewaskan puluhan orang. Sebagian korban tewas saat terjebak di dalam mobil mereka yang terbawa arus banjir.