China Jadi Negara dengan Polusi Udara Paling Mematikan di Dunia

Persoalan global yang terus menjadi perhatian adalah soal polusi udara. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut 5,5 juta orang meninggal karena polusi udara setiap tahunnya.

Dikutip dari The Independent, Rabu (14/2/2018), peneliti spesialis obat pernafasan dari Imperial College London Profesor Kian Fan Chung mengatakan, China dan India merupakan dua negara paling berpolusi di dunia.

“Daerah yang paling tercemar adalah di China dan India dan juga di beberapa belahan dunia lainnya,” kata Chung.

Chung menyebut polusi udara di London melebihi batas normal yang ditetapkan Uni Eropa. Meski begitu, polusi di London tidaklah seberapa dibanding dengan kota besar di China dan India seperti Beijing dan New Delhi.

Di antara China dan India, China merupakan negara dengan pencemaran udara paling mematikan di dunia. Sekitar 1,6 juta orang meninggal karena polusi ini di China setiap tahunnya.

Terkait hal ini, Pemerintah China telah berjanji untuk membuat langit mereka ‘biru kembali’. Salah satunya dengan mengalihkan fokus ke energi baru terbarukan dibanding baja atau batu bara.

Hal kontroversial yang disampaikan China terkait hal ini adalah niat mereka untuk membatasi populasi Beijing dan Shanghai. China ingin mereka melawan apa yang disebut ‘penyakit kota besar’.

Seperti diketahui, populasi Beijing akan mencapai 23 juta jiwa pada 2020 sedangkan Shanghai akan memiliki populasi 25 juta jiwa pada 2035.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *