Cerita di Balik Viralnya Guru Sulap Papan Tulis Jadi Komputer

Masih ingat dengan foto viral guru di Afrika yang mengajar dengan menyulap papan tulis menjadi komputer? Kini kondisi mereka yang sempat memprihatinkan itu akhirnya punya awal cerita baru yang bahagia.

Sang guru teknologi komunikasi dan informasi dari Ghana, Richard Appiah Akoto mengungkapkan cerita di balik foto viralnya itu. Betapa tidak, dengan kreatif Richard menggambar fitur-fitur di komputer demi menjelaskan kepada muridnya.

Papan tulis hitam ia sulap menjadi layar komputer. Bahkan, mouse komputer dia juga gambar di papan itu. Dia melakukannya sebab sekolah tidak memiliki komputer.

“Terkadang ini menjadi hal menantang. Kamu menggambar dan berharap siswa akan melakukan hal yang sama. Tapi begitu buku mereka dicek, mereka akan melakukan hal yang berbeda karena mereka tidak familiar dengan fitur ini,” kata Richard dalam wawancara dengan BBC, Jumat (23/3/2018).

Richard mengatakan, dia mengajarkan siswa tersebut dengan cara demikian agar mereka siap menghadapi komputer dalam bentuk nyata. Dia pun tak menyangka jika akhirnya foto-foto yang diposting menjadi viral.

“Kita hidup di era komputer saat ini. Dan saya ingin siswa saya dilengkapi dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk bersaing dengan siswa lain di kota urban,” ujar Richard.

“Saya sangat gembira ketika foto saya viral dan saya tidak memperkirakan hal itu sama sekali,” lanjutnya.

Buah dari kreativitasnya saat mengajar, Microsoft menawarkan bantuan untuk menyediakan perangkat dan software ke sekolah tersebut.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *